5 Burung Kicau Terfavorit

Burung kicau memiliki popularitas yang lumayan di Indonesia. Hal ini juga dibuktikan dengan komunitasnya yang dinamakan kicaumania.

Di Indonesia, para kicau mania mengelompokkan burung kicau menjadi beberapa kategori seperti burung fighter dan semi fighter.

Burung fighter biasanya hidup sendiri-sendiri dan akan selalu menjaga daerah teritorinya. Sifatnya yang mudah terpancing emosi juga membuat burung ini semakin berkicau keras.

Jenis tersebut biasa dijadikan guru vokal untuk burung lainnya. Suara kicauan burung master sangat nyaring, tajam, dan sangat rapat.

Burung Kicau Lucu Terfavorit

Ciri khas masing-masing jenis burung ini sangat unik. Mulai dari warna bulu nya, bentuk tubuh, suara kicauan, hingga cara merawatnya.

Nah, mau tau ada apa saja burung kicau yang popular? Yuk simak dibawah ini.

1.Burung Cucak Rowo

Harga jual jenis burung kicau yang satu ini termasuk mahal namun sebanding dengan kicaunya yang merdu. Pada beberapa daerah, suara cucak rowo dikenal dengan istilah seperti semi ropel, ropek, nglagu, engkel, isian dan juga rusak.

Burung ini bisa kalian temui di Pulau Sumatera, Jawa bagian barat, Kalimantan, hingga ke Semenanjung Malaysia.

Jenis cucak rowo terbagi menjadi 6 macam. Yaitu, cucak rowo Bengkulu, cucak rowo Malaysia, cucak rowo Medan, cucak Rowo Jawa Barat, cucak rowo Kalimantan, dan cucak rowo Lampung.

2.Burung Murai Batu

Murai batu terkenal dengan kecerdasannya. Burung ini memiliki kebiasaan yang cukup unik yaitu dapat menirukan suara burung lain. Tak heran jika Murai batu memiliki fans tersendiri.

Salah satu jenis Murai batu yang paling terkenal adalah Murai batu Medan sebagai burung kicau terbaik yang telah diakui dunia.

3.Love Bird atau Labed

Ciri fisik dari burung Lovebird yang paling mencolok adalah warna bulu-bulunya yang cantik. Biasanya terdapat beberapa perpaduan warna pada tubuhnya seperti hijau, kuning, dan orange.

Harganya juga lumayan tinggi dengan suara yang unik. Kebiasaan burung Lovebird ketika bersuara disebut juga dengan istilah ngekek. Burung ini sering diikutsertakan dalam perlombaan karena suaranya.

4.Cendet atau Pentet atau Plentet

Jenis burung kicau yang satu ini memiliki kicauan yang begitu keras. Selain karena warnanya cenderung indah dan kombinasi warna burung Cendet sangat elegan, pada bagian paruh dan kepala hitam pekat nya juga membuatnya tampil sangar.

Sedangkan bagian leher berwarna putih dan tubuhnya berwarna cokelat muda. Saat ini, banyak penghobi burung yang mengadakan kontes lomba burung Cendet.

5.Cucak Ijo (Cucak Hijau)

Cucak hijau didominasi dengan warna hijau pada bagian tubuhnya. Terdapat pula perpaduan warna hitam pada bagian kepala dan paruh.

Cucak hijau juga dapat dengan mudah kalian temukan diberbagai daerah di Indonesia, meliputi Banyuwangi, Sumatera, Bali dan Kalimantan.

Salah satu jenis Cucak ijo yang sedang menjadi primadona adalah yang berasal dari Banyuwangi. Burung ini digemari karena suaranya yang merdu. Cucak Ijo biasa hidup berkelompok di dalam hutan.

6.Pleci (Kacamata)

Pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang awalnya tidak tenar. Berkat kehebatannya, burung ini sering dicari dan dipelihara.

Selain itu, di balik tubuh mungilnya, terdapat suara khas yang layak untuk memenangkan perlombaan kicau burung.

Itulah 6 burung kicau kecil yang sangat lucu dan unik. Semua jenis burung ini sangat popular dan disukai oleh pecinta burung. Gimana? Ada salah satu yang kalian sukai?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *