5 Jenis Burung Elang Terbesar di Dunia

Elang merupakan burung yang dikenal sebagai pemangsa yang kuat. Burung ini merupakan predator yang berasal dari keluarga Accipitridae dan bergenus Aquila.

Mereka memiliki cakar dan paruh yang kuat serta mata yang tajam. Selain itu, elang juga memiliki bobot tubuh yang cukup besar diibandingkan dengan burung pemangsa lainnya.

Burung elang juga menjadi pemuncak rantai makanan dan mereka menjadi symbol dari kebebasan dan kekuatan.

5 Jenis Burung Elang Terbesar

Burung elang memiliki skeitar 60 spesies yang berbeda. Dari 60 jenis itu, ada yang dikategorikan sebagai yang terbesar. Penasaran apa saja? yuk simak di bawah ini.

1.Elang Haast

Elang Haast merupakan burung elang endemic asal Selandia Baru yang keberadaannya telah punah. Elang jenis ini juga punya nama lain, yitu elang Harpagornis.

Elang ini tercatat menjadi elang terbesar yang pernah hidup di dunia, dengan berat mencapai 17,8 kg dan lebar sayap sepanjang 3 meter.

Elang ini telah punah sejak 500 – 600 tahun yang lalu, dulunya, mereka hidup di pulau-pulau selatan Selandia Baru dan menjadi predator yang sangat ganas di ekosistemnya.

2.Elang Laut Steller

Elang yang hidup di pesisir timur laut Asia ini merupakan burung pemangsa terbesar dan menjadi elang laut terbesar dari semua elang laut yang masih hidup.

Elang ini memiliki panjang tubuh sekitar 85 – 105 cm dengan berat tubuh 6,8 sampai 9 kg dan lebar sayap mencapai 1,95 hingga 2,5 meter. Hal ini menjadikan Elang Laut Steller sebagai pemilik sayap terbesar di antara semua elang yang masih hidup.

Mangsa utama elang ini adalah ikan dan laut. Mereka juga merupakan spesies yang rentan, sehingga dilindungi oleh hukum, khususnya Jepang.

3.Elang Ekor Putih

Elang ini tersebar luas di Eurasia dan menjadi elang terbesar di benua Eropa. Elang ekor putih adalah salah satu anggota dari genus Haliaeetus atau elang laut.

Mereka memiliki bobot tubuh sekitar 4,3 hingga 5,5 kg dengan lebar sayap mencapai 193 – 244 dengan panjang tubuh 74 – 92 cm.

Elang ekor putih menjadi burung nasional dan symbol negara Jerman. Elang besar ini sering memangsa ikan, burung, dan mamalia kecil.

4.Elang Ekor Baji Australia

Elang ekor baju adalah elang terbesar di Australia dan salah satu yang terbesar di dunia, habitat asli mereka berada di Australia dan Papua Nugini.

Elang ini dikenal juga dengan nama Bunjil atau Eaglehawk. Mereka memiliki lebah sayap mencapai 2,3 meter dengan berat 3,2 – 5,3 kg dan bobot tubuh betina biasanya lebih berat dari jantan.

Sesuai namanya, mereka memiliki ekor berbentuk baju atau segitiga dan menjadi satu-satunya elang dengan bentuk ekor baji.

Burung pemangsa ini menjadi lambing negara bagian Australia, wilayah Utara dan South Wales dan juga sebagai mascot tim sepak bola Australia, The West Coast Eagles.

5.Elang Emas

Elang ini bisa ditemukan di seluruh bumi bagian Utara. Mereka menyebar di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Karena penyebarannya sangat luas, elang emas dikatakan sebagai spesies elang yang paling banyak ditemukan. Mereka dikenal akan kecepatan dan kekuatannya. Karena itu, burung ini menjadi elang terkuat di Amerika Utara.

Elang emas memiliki lebar sayap sekitar 185 – 220 dengan berat 3,1 – 6,2 kg. mereka biasanya memangsa mamalia kecil, namun terkadang menyerang mamalia besar juga seperti kambing, domba, dan hewan ternak lainnya.

Itulah 5 elang terbesar di dunia yang harus kalian tahu. Pernah lihat salah satunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *