5 Jenis Burung Jalak Yang Ada Di Indonesia

Burung jalann merupakan salah satu burung di Indonesia yang memiliki aneka ragam jenisnya. Burung satu ini memang banyak habitatnya bukan hanya di Indonesia saja.

Beberapa macam dan jenis jalak sekarang ini banyak diminati oleh pecinta burung khususnya para kicau mania yang sering mengikuti perlombaan.

Yuk Kenali Jenis Burung Jalak Ini

Jenis burung satu ini cukup populer dikarenakan kicauannya yang merdu. Kepopuleran dan ketenarannya bukan hanya dikenal di Indonesia saja, namun di seluruh dunia.

Jenis burung jalan juga bermacam-macam mulai dari jenis burung khas Indonesia dan beberapa negara lainnya seperti China dan Malaysia.

1.Jalan Suren / Jalan Uren

Burung jjenis ini memiliki habitat hidup di dataran rendah. Mereka bisa kita jumpai di sekitar lembah. Perawatannya juga terbilang murah. Harganya senidri berkisar dari Rp 400.000 – Rp 1.000.000.

Ciri fisik burung ini adalah ukuran tubuhnya yang sepanjang 24 cm, berwarna hitam dan putih, serta memiliki warna di antara garis sayap putih.

Selain itu, jalak Suren juga memiliki paruh yang panjang dan berwarna kuning dan oranye. Bola matanya hitam dan terdapat kacamata berwarna oranye yang menyatu hingga paruh. Suaranya juga sangat nyaring dan merdu.

2.Jalak Kerbau / Jalak Kebo / Jalak Penyu / Hitam

Jenis jalak ini bisa dibilang memiliki tampilan yang sangar. Harganya sendiri terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp 100.000 sampai dengan Rp 400.000 an saja.

Habitat dan populasinya berada di dataran rendah. Burung ini disebut Jalak Kerbau karena ua sering berada di atas punggung kerbau ketika sedang mencari makan.

Makanan burung ini antara lain jangkrik, ulat hongkong, serangga, buah-buahan, kroto, dan kutu kerbau.

Ciri fisik jalak kerbau antara lain memiliki warna tubuh hitam dan abu-abu, paruh dan kakinya berwarna kuning tua, memiliki corak mata yang sangat tajam dan berwarna hitam, terdapat kacamata berwarna putih. Sehingga burung ini tampak sangat seram ketika kita melihatnya.

3.Jalak Nias / Kerak Ungu

Jenis burung Jalak Nias ini memiliki habitat dan populasi yang akan kita jumpai di daerah Asia Tenggara, Amerika, dan Afrika.

Habitat nya hidup di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut, tepatnya di kawasan pegunungan.

Harganya sendiri sekitar Rp 200.000 – Rp 600-000. Ciri fisiknya adalah memiliki warna yang didominasi warna cokelat, dan terdapat juga warna hitam di sekitar bagian kepalanya.

Burung ini memiliki paruh dan kaki yang berwarna kuning tua, serta tatapan mata yang tajam berwarna hitam, berkacamata kuning. Di antara bulu jalak nias terdapat bulu rintik.

4.Jalak Bali

Jenis jalak bali memiliki habitat dan populasi yang bisa kita jumpai di pulau Bali. Kelebihan burung ini adalah mereka bisa menari sambil berkicau, selain itu juga memiliki bentuk tubuh yang ramping dengan bulu yang halus.

Harganya sendiri antara Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000, terbilang cukup mahal karena burung ini memang sangat cantik.

Ciri fisik jenis jalak bali adalah tampak terlihat pada bagian paruh memiliki warna hitam ke abu-abuan.

Jalak bali memiliki mata yang hitam dan terdapat kacamata berwarna biru tua, bagian tubuh nya diliputi bulu halus berwarna putih.

5.Jalak Putih

Jenis ini memiliki habitat asli di dataran rendah daerah Pulau Jawa. Burung ini umumnya bisa ditemukan di hutan-hutan dataran rendah.

Harga burung jenis Jalak Putih ini sekitar Rp 1.500.000 – Rp 3.500.000. ciri fisiknya adalah paruh kuning dengan mata hitam yang diliputi kacamata putih.

Seluruh tubuhnya dominan berwarna putih dengan kombinasi hitam di bagian sayap serta ekornya. Kicauan burung ini sangat merdu.

Itulah 5 jenis burung jalak yang ada di Indonesia. Tertarik memeliharanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *