5 Jenis Burung Kakatua Unik di Dunia

Kakatua merupakan salah satu spesies burung yang tersebar di dunia. Salah satunya Indonesia. Jika dihitung, totalnya ada sekitar 21 spesies kakatua yang eksis di dunia.

Masing-masing spesies memiliki kekhasannya tersendiri. Nah, untuk kalian yang ingin tahu seperti apa bentuk mereka, yuk simak jenis-jenis burung kakatua cantic dibawah ini.

3 Jenis Burung Kakatua Tercantik

Kakatua merupakan burung yang bisa dibilang bawel dan aktif, mereka juga suka sekali menirukan suara-suara yang mereka dengar. Hal inilah yang menjadikan mereka menarik.

1.Kakatua Putih

Kakatua ini adalah salah satu spesies kakatua terbesar dan paling cantik. Jambul dan bulunya berwarna putih sedangkan bagian didalam sayapnya berwarna kuning terang menyala.

Kakinya berwarna abu-abu dan paruhnya hitam. Disebut juga Umbrella cockatoo. Mata kakatua putih jantan berwarna hitam, sedangkan kakatua betina berwarna cokelat.

Ukuran tubuhnya bisa mencapai rata-rata 45cm. Untuk itu, diperlukan kandang yang leluasa. Burung yang cukup mahal ini bisa menjadi hewan peliharaan.

Mereka jinak dan penyayang, namun cukup berisik karena suka memekik. Sehingga kakatua ini sulit dipertahankan di dalam ruangan.

Burung ini biasa berada di tempat penampungan burung. Pembeli akan memboyong dalam bentuk bayi yang masih pendiam.

Begitu usianya menginjak 3 tahun, barulah burung ini menunjukan sifat aslinya yang tegas dan keras. Burung ini juga termasuk burung yang betah bertengger sepanjang hari. Sangat hiperaktif. Apalagi saat sedang ingin diperhatikan.

2.Kakatua Solomon

Jika ingin kakatua yang lucu dan imut, anda bisa memilih Kakatua Solomon. Kakatua yang satu ini ukurannya sekitar 30cm.

Jambul putihnya juga relatif lebih kecil. Bulunya sama seperti kakatua putih. Warnanya putih. Namun ada sedikit pink atau merah muda di area paruhnya. Burung ini disebut juga Ducorps corella.

Spesies kakatua ini tinggal di Pulau Solomon yang berdekatan dengan Australia. Untuk membedakan antara kakatua jantan dan betina, yang jantan memiliki selaput pelangi berwarna hitam. Dan yang betina irisnya coklat.

Kakatua ini tentu bisa dipelihara di rumah. Namun mereka juga nyaman menghuni tempat penagkaran burung. Kakatua ini penurut dan tidak begitu berisik.

Terkadang ketika merasa senang, burung ini menciptakan suara berisik. Jika memelihara kakatua dari kecil, kemungkinan besar mereka akan merasa sayang. Mereka juga bisa meniru suara atau kata-kata. Tetapi tidak sebagus burung beo.

3.Cacatua galerita/ Kakatua koki / jambul kuning

Si jambul kuning ini termasuk kakatua besar. Ukurannya 50cm. Kakatua ini memiliki jambul kuning yang lancip, bulu putih, dan warna kuning didalam sayapnya.

Adapun paruh dan kakinya sama-sama hitam. Kakatua jantan memiliki mata hitam, sedangkan betina bermata cokelat.

Perawatnnya cukup mudah saat masih kecil, namun semakin sulit ketika sudah lebih tua. Pemilik jambul kuning sulfur ini tinggal di New-Guinea dan Australia (timur dan utara).

Mereka menghuni kawasan hutan dan urban. Burung ini memiliki 4 subspesies yang berbeda-beda. Memelihara kakatua ini tidak begitu mudah ukuran dan kecerdasannya. Mereka memerlukan kandang yang sangat besar.

Suara-suara yang dihasilkan juga sangat mengusik ketenangan. Oleh karena itu, mereka kurang cocok tinggal di perumahan yang menginginkan situasi tentram. Spesies ini pun biasanya tinggal di kebun binatang atau taman burung.

Itulah 3 spesies kakatua tercantik dan ter lucu yang ada di Dunia. Semuanya memiliki keunikkan dan keindahannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *