5 Jenis Burung Kolibri, Lucu dan Menggemaskan!

Burung Kolibri merupakan sebutan lain untuk burung madu. Mereka merupakan burung kecil pemakan nectar atau madu dari bunga.

Jenis burung ini juga merupakan burung yang terkenal di kalangan pecinta burung karena memiliki ragam jenis, warna, serta suara yang indah.

Jenis Burung Kolibri

Kepopuleran burung ini bahkan sudah sampai ke seluruh dunia. Sama halnya dengan lovebird, kolibri juga memiliki jenis yang beragam.

Burung kolibri sendiri memiliki berbagai jenis lagi. Nah, untuk kalian yang ingin tahu dan melihat cantiknya burung kolibri ini, yuk simak penjelasannya di bawah.

1.Kolibri Canting / Sogok Otong

Jenis burung kolibri ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, hanya antara 8 – 10 cm. burung ini disebut juga dengan kolibri sriganti. Habitatnya berada di perkebunan atau di pekarangan.

Kolibri canting jantan memiliki warna tubuh bagian punggung berwarna hijau bercampur cokelat, bagian bawah berwarna kuning cerah dan bagian dada hingga leher berwarna ungu metalik atau ungu mengkilap.

Untuk kolibri canting betina berwarna hampir sama dengan jantan namun di bagian dada dan leher berwarna kuning muda.

2.Kolibri Kelapa / Manggar

Kolibri jenis ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, kurang lebih 13 cm. burung ini banyak dijumpai di perkebunan kelapa, hutan mangrove, maupun pekarangan yang banyak pohonnya.

Kolibri jantan memiliki ciri kepala berwarna ungu metalik, bagian penutup sayap berwarna ungu cerah, bagian pipi dan leher berwarna cokelat dan tubuh bagian bawah berwarna kuning.

Sedangkan untuk betina memiliki warna tuuh bagian atas berwarna hijau zaitun dan tubuh bagian bawah berwarna kuning seperti si jantan namun tak memiliki warna ungu di tubuhnya.

3.King Konin (King Kolibri Ninja) atau Kolibri Bakau

King Konin memiliki ukuran tubuh sekitar 13 cm. Burung ini berhabitat di hutan mangrove tepi htan rawa0rawa, serta daerah lainnya yang memiliki tinggi sampai 250 mdpl.

Ciri-cirinya adalah warna kehitaman pada sebagian tubuhnya, dada berwarna ungu cerah bercampur ungu metalik, memiliki strip kumis, leher berwarna tembaga, dan bagian kepala atas serta penutup sayang memiliki warna biru mengkilap.

Untuk betinanya memiliki warna keputih-putihan pada bagian leher, berwarna hijau zaitun pada punggungnya, berwarna abu pada bagian kepala, bagian bawah tubuh berwarna kuning, dan pada penutup ekor bagian bawah berwarna putih.

4.Kolibri Ninja (Konin)

Burung satu ini memiliki ukuran tubuh sekitar 8 – 10 cm. Kolibri ninja lebih dikenal dengan sebutan kolibri tasik dan kolibri raja.

Habitatnya adalah di pinggiran hutan yang memiliki ketinggian sampai 200 mdpl. Burung ini juga seringkali ditemui di daerah hutan karet dan daerah pesisir pantai.

Ciri-ciri kolibri ninja jantan adalah memiliki warna topi hijau metalik, bagian tubuh atasnya sebagian besar berwarna hitam metalik, bagian leher berwarna ungu dan bagian dada ke bawah berwarna merah coklat.

Warna kolibri jantan pada jenis ini lebih dominan warna hitam, sedangkan yang betina lebih dominan warna abu-abu.

5.Kolibri Sepan Raja

Jenis burung ini memiliki kekebalan tubuh yang sangat kuat. Kolibri ini mempunyai ukuran tubuh sedang, yaitu 13 cm.

Warnanya berbeda dan mencolok dari warna kolibri lainnya. Kolibri sepah raja memiliki habitat di kawasan hutan tropis, di perkebunan, dan banyak dijumpai di pohon cerry, karena kolibri ini sangat senang menghisap sari bunga cerry.

Kolibri jantan pada jenis ini memiliki warna merah terang pada bagian leher sampai dada dan sebagian di kepala serta punggung. Untuk bagian dahi dan ekornya berwarna ungu. Bagian perutnya berwarna abu-abu agak gelap.

Sedangkan untuk betinanya memiliki warna zaitun pudar dan tidak memiliki warna merah seperti pejantannya.

Itulah 5 jenis burung kolibri, gimana? Lucu-lucu banget kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *