7 Jenis Burung Merpati Unik dan Cantik

Ternyata, merpati yang selama ini kita lihat bukan Cuma memiliki jenis merpati balap atau merpati pedaging saja.

Masih ada banyak lagi kelompok merpati hias. Merpati jenis ini juga diketahui banyak disukai oleh para pecinta burung, karena fisik tubuhnya yang unik dan enak di pandang.

Sebagian besar varietasnya merupakan burung impor dari daerah dataran eropa, India, dan lain-lain. Namun, ada juga merpati local yang berasal dari Indonesia.

Tercatat ada sekitar 301 spesies merpati yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri telah tersebar berbagai komunitas pecinta merpati hias dari berbagai provinsi.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu jenis-jenis merpati, di bawah ini ada beberapa jenis merpati yang sangat mudah ditemui.

Jenis Burung Merpati Tercantik dan Unik

Merpati dan Dara merupakan hewan yang sama. Bedanya, di beberapa kelompok masyarakat seringkali memiliki istilah penyebutan yang berbeda, sesuai dengan kebiasaan di daerah tersebut.

Di beberapa daerah, menyematkan penyebutan merpati untuk merpati hias atau merpati balap. Sedangkan untuk sekelompok pedaging, mereka lebih suka menyebutnya dengan sebutan dara atau doro dalam Bahasa Jawa.

1.Merpati King / Show King

Merpati ini dulunya merupakan merpati pedaging yang diperuntukkan untuk keperluan konsumsi, namun seiring berjalannya waktu, jenis ini dikembangkan beberapa varietasnya sebagai burung hias.

Tujuannya adalah untuk di pakai dalam kontes burung merpati. Umumnya, jenis ini memiliki ciri-ciri bodi yang bulat / gemuk.

2.Merpati Mondain

Berasal dari prancis, merpati ini awalnya hanya digunakan sebagai merpati pedaging karena bentuk badannya yang gemuk dan bulat besar.

Menariknya lagi, merpati ini memiliki kaki yang pendek, sehingga tampak dadanya hampir menyentuh permukaan lantai.

3.Merpati Maltese

Merpati dari Austria dan Italia ini disebut juga sebagai Poule Maltaise, Malteser. Awalnya jenis ini juga merupakan pedaging.

Namun kemudian dikembangkan menjadi merpati hias. Ciri nya adalah bagian leher dan kakinya yang panjang sedangkan badannya pendek dan sedikit bulat.

4.Merpati Modena

Merpati ini awalnya berasal dari daerah Modena, Italia bagian Utara. Kemudian di ekspor ke berbagai negara hingga akhirnya tersebar.

Tubuhnya bulat gemuk, pendek, berekor pendek, berukuran sekitar 25 cm. merpati jenis ini dibagi menjadi Gazzi atau Pied, Schietti atau Self berwarna, dan Magnani atau Harleyquin. Di Indonesia sendiri, jenis ini lebih dikenal dengan American Modena dan English Modena.

5.Merpati Jacobin

Merpati yang berasal dari India ini memiliki ciri khas dimana bentuk bulu di sekitar kepala hingga lehernya menyerupai mantel.

Ciri lainnya adalah tubuhnya yang sedikit tegak dan terangkat ke atas, sedangkan ekornya turun menyentuh lantai.

6.Merpati Satinnete Oriental Frill

Merpati ini berasal dari Turki dan mulai dikembangbiakkan sejak masa kesultanan Turki. Satinette Oriental Frill terbagi menjadi dua, yaitu Classic Oriental Frill dan Modern Oriental Frill.

Secara umum, keduanya memiliki ciri yang hampir sama, yaitu memiliki jambul, dan frill / bulu terbalik dari leher sampai sekitar dada.

Sedikit perbedaannya adalah merpati modern satinette, ukuran tubuhnya lebih besar dan paruhnya lebih pendek.

Motif pola warna batiknya, hanya bisa dilihat pada sayapnya, motifnya memang tak hanya batik melainkan tetap berkembang menjadi motif bliebar, redbar, yellow, dan lain-lain.

7.Merpati Blondinette Oriental Frill

Merpati yang juga berasal dari Turki ini juga memiliki motif batik yang berada di tubuhnya. Pola ini meliputi seluruh bagian tubuhnya sehingga tidak membentuk pola saddle.

Jenis ini jiga dibagi menjadi jenis  classic dan modern. Bedanya adalah ukuran tubuh modern lebih besar dibandingkan classic.

Itulah 7 jenis merpati yang sering kita temui. Kalian pernah liat yang mana saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *