Beberapa Fakta Burung Merak

Beberapa Fakta Burung Merak

Apa Itu Burung Merak?

Burung Merak, yang juga sangat populer sebagai peafowl, adalah seekor unggas berukuran sedang dan berwarna-warni. Burung ini berasal dari sebagian besar Asia sehingga burung Merak menjadi burung nasional India.

Sekitar 3000 tahun yang lalu, orang Fenisia mengimpor berbagai spesies burung merak ke Mesir dan menggunakannya untuk berbagai tujuan, khususnya sebagai hiasan.

Anda dapat menemukan tiga spesies yang menonjol dari burung merak, yaitu Merak India, merak dari Afrika, dan Merak hijau. Semua tiga spesies berasal dari Asia, tetapi Anda juga dapat menemukan mereka di Afrika dan beberapa bagian dari Australia saat ini.

Fakta Burung Merak

Habitat dan Distribusi Burung Merak

Burung Merak lebih menyukai di daratan dan mereka lebih memilih untuk tinggal di lahan pertanian, hutan, dan daerah hangat. Mereka suka tinggal di daerah yang memberi mereka akses mudah ke tanaman dan pohon rendah karena membuat mereka untuk mencari makan menjadi lebih mudah. Mereka dapat ditemukan di hutan hujan dan semak belukar. Anda dapat menemukan burung merak dengan mudah di India, Sri Lanka, dan Burma.

Apa Yang Burung Merak Makan?

Burung merak adalah burung omnivora, dan mereka terutama memakan tanaman, buah-buahan, biji-bijian, kelopak bunga, semut, kutu, serangga, belalang, semut, roti, dan sisa lainnya di kebun dan hutan. Biji-bijian adalah makanan yang paling umum dari burung merak. Namun, burung pakan hampir pada setiap item yang dapat dimakan, tidak peduli apakah itu hewan atau sumber tanaman.

burung merak juga makan reptil kecil, seperti Ular kobra muda, amfibi, kupu-kupu, ayam, lalat, dan juga tikus.

Anatomi Dari Burung Merak

burung merak memiliki anatomi unik yang membuat mereka menjadi burung yang indah. Di sini, kita bisa mengetahui beberapa bagian fisik yang menonjol pada burung merak.

Berat dan panjang: Merak jantan beratnya sekitar empat sampai enam kilogram, sementara betina beratnya sekitar 2,75 sampai empat kilogram. Panjang burung merak adalah sekitar enam sampai tujuh kaki, sementara betina adalah sekitar tiga sampai 3,5 kaki.

Kepala: bulu burung merak mirip dengan kuas, menghiasi kepala burung merak menciptakan penampilan seperti mahkota yang indah. Fitur kepala, leher, dan payudara Merak memikat penampilan mereka sebagai burung terindah dengan berbagai warna.

Mata: ada bercak putih di atas dan di bawah mata burung merak.

Tubuh: tubuh Merak penuh dengan bulu coklat yang megah di bagian depan serta belakang. Merak jantan menunjukkan bulu kehijauan yang mengesankan yang terdiri dari ekor yang indah dan memanjang. Merak betina kurang mengesankan daripada burung merak jantan, dan mereka memiliki fitur keputih-putihan pada wajah, cokelat pada mahkota, bersama dengan metalik pada payudara bagian atas. Namun, baik jantan dan betina memiliki bulu hijau menggemaskan yang memiliki warna cokelat dimulai dari kepala hingga ke ekor.

Ekor: ekor burung merak yang membuat 60% dari seluruh panjang tubuh burung merak. Warna-warni, ekor yang indah adalah karakteristik dari burung merak jantan. Warna ekor Merak bervariasi setiap kali Anda melihat mereka dari sudut yang berbeda. Bulu pada ekornya memiliki bintik yang indah seperti mata dengan bulu merah, keemasan, dan hijau yang mengelilingi seluruh tubuh. Seekor burung merak dapat memamerkan hingga 200 bulu pada ekornya pada saat yang bersamaan.

Burung Merak, Hewan Eksotis

Warna Merak dan Bulu nya?

Meskipun Merak tampak cerah dalam warna, itu tidak secerah kelihatannya. Bahkan, burung merak berwarna coklat, dan warnanya sering berubah karena terkena pantulan cahaya, dan itu merupakan rahasia dari bulu mereka yang penuh warna dan indah.

Setiap bagian dari bulu Merak merubah warna nya ketika terkena cahaya dari sudut yang berbeda.

Dapatkah Burung Merak Terbang?

Ya, mereka bisa terbang ke jarak terbatas karena mereka adalah seekor burung. Mereka dapat terbang seperti burung seekor besar terbang. Namun, mereka lebih memilih untuk tetap di tanah untuk sebagian besar waktu nya.

Terutama, burung merak terbang untuk melarikan diri dari para predator. Gaya terbang burung ini memang aneh. Rasanya seolah-olah burung merak melompat, dan sayapnya memberikan dorongan untuk terbang.

Apa Yang Membuat Bulu Merak Jadi Unik dan Indah?

Bulu Merak memiliki struktur seperti kristal mikroskopik, yang cenderung merefleksikan berbagai panjang gelombang cahaya berdasarkan jarak mereka. Struktur kecil yang menyerupai kristal lah yang menciptakan warna neon saat terkena sinar.

Pemakan Ular

burung merak adalah pejuang terbaik ketika bertarung dengan ular. Mereka tidak hanya dapat mangsa pada ular muda, termasuk yang beracun, tetapi mereka juga tidak membiarkan ular memasuki wilayah mereka.

Perilaku Burung Merak

burung merak adalah burung sosial, dan mereka suka berinteraksi dengan manusia dengan memamerkan keindahan dari warna bulu mereka. Namun, burung ini cukup agresif dan tidak menyetujui masuknya orang asing atau bahkan Merak baru di wilayah mereka.

Fakta yang luar biasa adalah bahwa saat bermain burung merak selalu mengikuti satu arah, yaitu, searah jarum jam. Setelah lelah, mereka berhenti mendadak dan berjalan pada kecepatan normal. Mereka suka bermain di bawah sinar matahari.

Biasanya, burung ini berjalan dalam kelompok delapan sampai sepuluh ekor. Burung merak memiliki perilaku yang aneh mereka membuat sarang mereka di tanah namun bertengger di puncak pohon.

Bagaimana Sebuah Suara Merak?

Panggilan Merak bukanlah pengalaman yang menyenangkan. burung merak adalah salah satu makhluk paling keras dan membuat suara melengking.

Biasanya, frekuensi panggilan mereka meningkat selama musim hujan. Selama musim hujan, burung ini membuat suara mengeong menunjukkan bahwa hari itu akan terjadi hujan.

Sebuah Merak dapat membuat 11 panggilan yang berbeda. Mereka suka mengeluarkan suara di pagi hari dan larut malam sebagai sarana untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa burung merak bernyanyi selama musim kawin untuk mengesankan dan menarik betina. Selain itu, di alam liar panggilan Burung Merak bisa menjadi alarm bahaya.

Itulah tadi Beberapa Fakta Burung Merak Yang Mungkin Belum Kalian Tahu. Selain burung merak ada juga burung lainnya yang tidak kalah keren yaitu Burung Kakaktua Eksotis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *