Fakta Burung Bangau

 

Siapa di sini yang takjub dengan keindahan Burung Bangau namun sekaligus takut dengan burung satu ini? Unggas ini adalah salah satu unggas cantik yang memiliki kaki panjang dan warna bulu beragam.

Salah satu yang menjadi keistimewaan burung bangau adalah ia memiliki paruh yang besar dan kuat, di mana Bangau gunakan untuk menangkap mangsanya. Untuk kamu yang masih belum tahu banyak tentang burung satu ini, berikut ini kami memiliki beberapa fakta unik tentang burung Bangau.

Fakta Menarik Tentang Burung Bangau

1.Tidak Bersuara

Pernahkah kamu mendengar suara Burung Bangau? Jika pernah, mungkin kamu berhalusinasi. Karena faktanya, burung bangau adalah salah burung yang tidak bersuara. Hal itu dikarenakan burung ini tidak memiliki organ suara yang disebut dengan Syrinx.

Lalu bagaimana cara burung ini berkomunikasi dengan sesamanya? Ternyata cara mereka berkomunikasi cukuplah unik, karena mereka akan saling mengadukan paruh.

  1. Ada di Setiap Benua Kecuali Benua Antartika

Burung bangau adalah hewan yang bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana. Ada sekitar 64 spesies burung bangau yang hidup di berbagai benua, kecuali Antartika. Hampir semuanya adalah burung air yang tidak dapat berenang dan biasanya ada di tepi danau, sungai, rawa, kolam, dan juga laut.

Hal itu dikarenakan makanan utama dari Burung bangau adalah katak cacing, ikan, mamalia kecil yang ada di air, dan hewan kecil lainnya.

  1. Cara Bangau Berburu

Cara bangau berburu juga cukup unik, karena mereka akan menunggu sampai mangsanya datang. Mereka hanya akan duduk tanpa bergerak, atau bahkan diam berdiri. Saat mangsanya sudah datang, maka mereka akan langsung menangkapnya dengan paruh dan ditelan bulat-bulat.

Kemampuannya ini bisa ia lakukan baik di malam hari atau pun di siang hari, karena ia memiliki penglihatan yang sangat baik.

  1. Keunikan Bangau

Yang membuat bangau menjadi burung yang unik adalah jangan mengira karena tubuhnya yang besar membuat burung ini lamban, karena kenyataannya ia juga bisa terbang dengan cepat, loh. Ia memiliki kemampuan untuk terbang dengan kecepatan 48 km/ jam. Ketika bangau sedang terbang, maka tubuhnya akan berbentuk seperti huruf S.

Cara mereka berkumpul saat terbang juga unik, di mana akan membentuk huruf V bersama dengan para kawanannya. Ternyata ini membuat mereka menjadi terbang lebih efisien dibandingkan tanpa adanya formasi.

  1. Cara Membangun Sarang

Keunikan lain yang dimiliki oleh Burung bangau adalah bagaimana cara hewan ini membangun sarang mereka. Karena Bangau jantan dan betina akan membangun sarang mereka bersama-sama.

  1. Simbol Kebudayaan

Banyak kebudayaan yang menggunakan bangau sebagai simbol kebudayaan mereka. Seperti contohnya di Yunani, dalam mitologi Yunani, Bangau dianggap sebagai utusan dari para dewa.

Berbededa dengan di Tiongkok, karena di sana mereka lebih dianggap sebagai perwakilan dari kekuatan, kemurnian, kesabaran, dan umur yang panjang. Hal itu karena di alam liar, umur bangau bisa mencapai 15 tahun, sedangkan kalau di penangkaran ia bisa hidup sampai 25 tahun.

  1. 25% Bangau Dunia Milik Polandia

Kalau Panda adalah milik Tiongkok, maka setidaknya 25% bangau yang ada di dunia ini adalah milik dari Polandia. Hal itu karena negara satu ini menjadikan Bangau sebagai lambang tidak resmi mereka.

 

Itulah beberapa fakta menarik tentang burung bangau, jadi dari 7 fakta di atas, mana yang paling membuat kamu tercengang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *