Fakta Unik Burung Elang Botak

Fakta Unik Burung Elang Botak

Fakta Unik Burung Elang Botak – Burung Elang memang sangat dikenal sebagai burung pemangsa yang kuat, apalagi kalau Burung Elang selalu berada dalam puncak dalam rantai makanan.

Burung Elang memang memiliki banyak sekali jenisnya, ada banyak Jenis Burung Elang Terbesar Di Dunia dan salah satunya adalah Elang Botak atau biasa dikenal sebagai Bald Eagle.

Elang Botak memang dikenal sebagai burung elang terbesar, apalagi Bald Eagle atau Elang Botak merupakan simbol dari Negara Amerika Serikat. Elang Botak menjadi simbol dari Amerika karena artinya kebebasan dan kekuatan.

Fakta Unik Burung Elang Botak

Fakta Unik Burung Elang Botak

Kriteria Elang Botak

Elang botak sebenarnya tidak botak, pada usia dewasa, mereka memiliki kepala berbulu putih yang sebelumnya berwarna cokelat. Faktanya, nama ilmiah dari elang botak adalah Haliaaetus leucocephalus yang diterjemahkan dari bahasa Yunani menjadi Elang Laut Kepala Putih.

Ukuran Burung Elang Botak memiliki ukuran tubuh dari 70 sampai 102 cm dan lebar sayam mencapai 1.8 hingga 2.3 meter serta berat dari 3 hingga 6 kg.

1. Penglihatan Luar Biasa

Penglihatan Elang Botak lebih tajam daripada manusia mana pun, dan bidang pandang mereka lebih luas. Selain itu, Elang Botak bisa melihat sinar ultraviolet. Sama Seperti kucing, burung elang biasanya memiliki kelopak mata bagian dalam yang disebut selaput pengintai. Elang dapat menutup kelopak mata utamanya, namun masih dapat melihat melalui selaput pelindung yang tembus pandang teresebut.

2. Elang Botak Mampu Berenang

Elang memang dikenal sebagai burung yang selalu terbang tinggi, namun berbeda dengan Burung Elang Botak yang bisa mengapung dalam air dan mengepakkan sayapnya untuk digunakan sebagai dayung untuk berenang.

3. Habitat Burung Elang Botak

Elang Botak atau Bald Eagle biasanya dapat ditemukan di berbagai habitat dekat perairan dari seluruh daerah Amerika Serikat, Kanada, Alaska, dan hingga Meksiko. Biasanya burung Elang Botak selalu membuat sarang di dekat perairan terbuka dengan pepohonan besar yang paling tinggi.

4. Mangsa Utama Elang Botak

Elang Botak memang predator puncak dalam rantai makanan, namun biasanya Elang Botak lebih sering berburu hewan seperti Ikan, Ular, Katak, Kepiting, Kelinci, dan bahkan burung lainnya. Elang botak juga mampu membawa mangsa hingga seberat 15 lbs atau 6,8 Kg.

5. Kecepatan Terbang

Elang Botak memang tidak terlalu cepat seperti spesies burung Elang Emas atau Elang Laut, Kecepatan Elang Botak memiliki kecepatan terbang 120 hingga 160 KM pada saat menyelam atau menyerang mangsanya dari atas.

Nah itulah Fakta Unik Burung Elang Botak yang jarang diketahui oleh banyak orang, jadi sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *