6 Daftar Burung Endemik di Papua, Unik dan Menarik!

6 Daftar Burung Endemik di Papua, Unik dan Menarik!

Papua ialah salah satu pulau yang ada di Indonesia dan memiliki beragam spesies jenis burung. Dimana burung ini juga memiliki bentuk fisik yang cantik. Provinsi Indonesia paling Timur oini merupakan pulau terluas kedua di dunia. Pulau ini sendiri dibatasi langsung oleh dias samudera dan dua negara, salah satunya ialah Australia.

Oleh sebab itulah, ada kemiripan fauna di kedua wilayah ini. Oulau ini sendiri dihuni lebih dari 600 jenis burung dan rata-rata memiliki bentuk fisik yang cantik. Sebgaian merupakan spesies endemik yang hidup liar di alam bebas. Hanya saja jumlah burung ini rtelah mengalami penurunan. Berikut ini adalah daftar burung endemik terbaik yang ada di Papua!

Daftar Burung Endemik di Provinsi Papua

1. Nuri Sayap Hitam

Nuri Sayap Hitam

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ukuran tubuh sebesar 30 cm. Dimana burung ini juga memiliki jenis bulu yang didominasi dengan warna merah. Sedangkan pada bagian kepalanya diselimuti dengan gradasi ungu merah. Tetapi, sayap hingga punggungnya berwarna hitam. Jenis burung ini juga tinggal di hutan belantara atau perkebunan kelapa.

2. Robin Salju

Robin Salju

Selanjutnya adalah salah satu jenis burung yang terbesit gambaran fisik burung dengan bulu putih dan bersih. Jenis burung ini juga memiliki ragam warna bulu. Ukuran burung ini juga sangat kecilm sehingga terlihat imut dan cantik. Mereka akan biasa hidup di ketinggian hingga sebesar 3000 mdpl, termasuk kawasan pegunungan Jayawijaya.

3. Maleo Waigeo

Maleo Waigeo

Burung unik ini memiliki tubuh berukuran sebesar 43 cm yang memiliki warna bulu terdiri dari cokelat dan juga abu-abu. Jenis burung ini seperti ayam yang memiliki jengger dan gelambir berwarna merah. Burung ini hidup di hutan dengan ketinggian tempat sebesar 600 mdpl. Hanya saja populasi spesies ini juga semakin menurun akibat adanya pemburuan liar serta banyaknya jenis burung predator.

4. Perling Papua

Perling Papua

Jenis burung yang memiliki ekor panjang dengan ukuran tubuh sebesar 28 hingga 40 cm. Dimana bentuk ekor ini bersusun dan memiliki lipatan yang unik. Untuk burung jenis satu ini masukd alam kategori jalak. Satwa ini juga didominasi dengan bulu hitam. Meskipun begitu, semua ini tidak mengurangi keunikan daripada burung ini.

5. Bondol Arfak

Bondol Arfak

Bondol Arfak dalam bahasa daerah disebut juga sebagai burung pipit. Dimana burung ini memiliki ukuran tubuh hanya sebesar 10 cm. Sedangkan pada bagian kepala sampai dengan leher bercorak putih. Sedangkan pad abagian punggung dan dadanya berwarna kuning terang. Burung jenis ini tinggal di habitat pegunungan Arfak, sekitar danau, sampai dengan padang rumput.

6. Kasuari

Kasuari

Dan yang terakhir adalah burung bernama Kasuari. Slaah satu jenis satwa langka yang memperoleh perlindungan secara khusus. Untuk jenis burung ini memiliki beberapa ciri-ciri yang melekat, yaitu dengan adanya gelambir di bagian bawah leher. Sebagian besar bulu ini berwarna hitam. Untuk bagian leher didominasi dengan warna ungu, jambul kuning, dan berkaki besar.

Nah itu dia 6 daftar burung endemik yang ada di provinsi Papua. Dimana burung ini memiliki berbagai ciri khas yang unik dan menarik utnuk kita ketahui serta pahami. Papua merupakan pbukti provinsi yang memiliki berbagai jenis burung unik bahkan langka ditemukan saat ini. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan bagi kalian para pecinta burung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *