Burung Kiwi, Burung Tanpa Sayap dari Selandia Baru

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar tentang burung? Tentunya kamu berpikir itu adalah hewan yang bisa terbang dengan sayap, kan? Tapi tahukah kamu ternyata ada burung yang tidak bisa terbang dan tidak memiliki sayap?

Nah, ternyata ada loh burung yang tidak memiliki sayap dan tidak bisa terbang, ia adalah burung Kiwi. Burung yang secara tidak resmi merupakan simbol negara Selandia Baru ini memiliki bentuk yang sangat menggemaskan dan juga memiliki beberapa karakteristik unik. Berikut ini kami akan menunjukkan kepada kamu, apa saja fakta menarik seputar burung satu ini.

Fakta Seputar Burung Kiwi

1.Ukuran Telurnya Sangat Besar

Jika biasanya kita melihat ukuran telur burung sangat jauh lebih kecil dibandingkan dengan induknya, maka mungkin kamu akan kaget ketika melihat ukuran dari telur burung kiwi. Telur burung kiri setidaknya memiliki ukuran 20% dibandingkan dengan induknya.

Karena banyak kandungan kuning telur, jadi ini memungkinkan burung kiwi untuk langsung banyak bulu ketika ia menetas. Ukuran dari bayi burung Kiwi juga langsung besar saat menetas.

  1. Hanya Memiliki Satu Pasangan

Burung Kiwi adalah spesies yang setia, ia hanya berpasangan sekali seumur hidupnya atau istilahnya adalah monogami. Saat musim kawin tiba, sang jantan dan betina akan aktif untuk memanggil di malam hari lalu bertemu di sarang yang sudah mereka buat bersama selama 3 hari sekali.

Hubungan antara jantan dan betina burung kiwi ini paling lama dicatatkan adalah selama 20 tahun, sampai salah satu di antara mereka mati.

  1. Indra Penciumannya Tajam

Meski mereka tidak bisa terbang, tapi ada kelebihan yang dimiliki oleh burung kiwi dan jarang dimiliki oleh burung lain, yaitu indra penciuman yang tajam. Burung Kiwi adalah satu-satunya burung yang memiliki lubang hidung pada bagian ujung paruhnya. Dengan ini, mereka bisa mencium mangsa buruan mereka yang ada di dalam tanah.

  1. Bulu Tebal Untuk Melindungi Diri

Bulu Kiwi kini sudah berevolusi agar bisa menyesuaikan dengan kehidupannya selama mereka di tanah. Bulu tebal yang ada di sekujur tubuhnya digunakan burung Kiwi untuk menyamar.

Ketika ada predator yang mengincarnya, burung kiwi bisa menyamar seakan menjadi semak belukar kering. Dengan demikian mereka bisa terbebas menjadi santapan para predator yang mengincar mereka.

  1. Memiliki Ingatan Tajam dan Cakar Tajam

Ada dua hal tajam yang dimiliki oleh burung Kiwi, yaitu ingatannya dan juga cakarnya. Kiwi merupakan burung nokturnal, ia aktif di malam hari. Ia adalah burung yang sangat waspada terhadap wilayah mereka sendiri. Jika ada lawan yang mendekat, maka ia bisa melawan mereka dengan memanfaatkan cakar yang ada di kaki mereka.

Ada seorang peneliti burung bernama Dr. John McLennan yang meneliti salah satu kiwi. Hewan yang ditelitinya itu memiliki kebiasaan untuk melakukan penyerangan setelah itu kabur. Biasanya setelah mencabik, ia akan bersembunyi di antara semak belukar.

Lalu kelebihan lain yang dimiliki oleh burung kiwi adalah ingatannya yang tajam. Ia bisa sangat mengingat kejadian buruk yang bahkan menimpanya 5 tahun lalu. Mungkin burung ini dapat ditipu dengan rekaman panggilan suara setidaknya sekali, tetapi setelahnya ia tidak akan tertipu lagi.

 

Itulah beberapa fakta menarik tentang burung kiwi, burung tidak bisa terbang dari Selandia baru yang unik dan menarik untuk dibahas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *