5 Jenis Burung Langka Yang Terdapat di Indonesia

5 Jenis Burung Langka Yang Terdapat di Indonesia

Burung merupakan hewan yang sangat terkenal di Indonesia,dikarenakan warna bulunya yang cantik dan kicauannya yang merdu. Burung di Indonesia juga memiliki beragam jenis ras.

Tetapi, menurut laporan IUCN ( International Union for Conservation of Nature ) ditahun 2013, terdapat 1.206 hewan yang berasal dari Indonesia mulai terancam punah yang dimana dari angka 1.206 tersebut ada hewan burung,

Nah, berikut ini kami sajikan 5 jenis burung langka yang terdapat di Indonesia. Yuk disimak!

1.Jalak Bali

Jalak bali yang memiliki nama latin Leucopsar Rotchchildi merupakan salah satu burung yang berasal dari Pulau Bali. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, Jalak Bali biasanya ditemukan pada bagian barat Pulau Bali.

Jalak Bali juga dinobatkan sebagai lambang fauna dari Provinsi Bali loh guys

2.Elang jawa

Nah, yang kedua ini berasal dari spesies elang, lebih tepatnya elang jawa. Elang jawa yang memiliki nama latin Nisaetus bartelsi tersebut merupakan endemik yang terdapat di Pulau jawa Elang jawa memiliki Panjang antara 60 hingga 70 CM.

Elang ini tidak terdapat disemua Pulau Jawa, penyebaran dari burung elang ini hanya terdapat pada wilayah dengan jenis hutan primer dan daerah perbukitan berhutan.

Selain itu, burung elang juga merupakan lambang yang identik dengan lambang negara RI yaitu Garuda, dan pada tahun 1992, elang jawa ditetapkan sebagai salah satu mascot satwa langka yang ada di Indonesia.

3.Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau Kerdil Kalimantan atau Polyplectron schleiermacheri , dari namanya sudah ketahuan nih guys, kalau burung yang satu ini berasal dari Pulau Kalimantan. Sebenarnya Kuau ini merupakan salah satu jenis burung merak yang paling langkah dan sudah jarang ditemukan.

Burung ini memiliki tubuh yang mampu bertumbuh sampai 50 Cm. burung ini juga memiliki bintik pada tubuhnya yang menambah keindahan dari burung ini.

Kuau khas Kalimantan ini juga memiliki suara yang indah, suaranya mirip siulan bernada hur-hur. Kuau Kerdil Kalimantan ini merupakan kerabat dari Kuau Kerdil Malaya dan Palawan.

Kuau Kerdil Kalimantan saat ini dilindungi oleh undang-undang, dikarenakan statusnya yang terancam dan sudah masuk IUCN Red List, huhu sedih ya.

4.Bangau Tongtong

Bangau tongtong, burung yang sama pada kemasan salah satu kecap yang terkenal di Indonesia, burung dengan nama latin Leptoptilos javanicus merupakan burung yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia diantaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok.

Bangau tongtong merupakan salah satu burung bangau dengan ukuran yang sangat besar, Panjang leher dari bangau ini saja mencapai 36 cm dengan berat mencapai 8.5 Kg dan lebar sayap 210 cm. Salah satu ciri khas bangau yang satu ini adalah kepalanya yang botak dengan warna bulu didominasi oleh hitam, putih, dan sedikit warna metalik. Paruh dari bangau juga besar dengan warna kuning sampai coklat muda.

Namun pada tahun 2003, Birdlife International mengungkapkan bahwa di Indonesia sendiri populasi bangau tongtong ini tidak sampai 2000 ekor. Hal ini diakibatkan habitatnya yang terus mengalami degradasi dan konversi lahan.

5.Cendrawasih

Berbicara burung, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas burung satu ini ya, burung yang berasal dari Pulau Torres, Papua, Papua Nugini ini merupakan anggota dari famili Paradisaedae dari ordo Passeriformes.

Ukuran dari burung cendrawasih ini beragam, tergantung dari spesies manakah burung cendrawasih tersebut. Misalnya spesies Black Sicklebill yang ukurannya mencapai 110 cm.

Burung cendrawasih memiliki 41 spesies yang dimana 37 spesies tersebut hidup di Pulau Papua, dengan habitat hutan lebat di dataran rendah.

Burung ini dilindungi oleh undang-undang karena perburuan liar. Pemerintah sendiri sudah menetapkan UU No.5 Tahun 1990 dan PP No.7 Tahun 1999 untuk melindungi Burung ini dari ancaman-ancaman diluar sana.

Itulah daftar 5 burung yang termasuk langka di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *