Burung Dengan Jarak Migrasi Terjauh

Burung Dengan Jarak Migrasi Terjauh

Banyak dari kamu pasti sudah tidak asing dengan kata migrasi, migrasi sendiri merupakan perpindahan yang dilakukan tak hanya oleh manusia, tetapi juga hewan.

Mungkin yang terbayang dipikiran kamu tentang migrasi hewan adalah segerombolan hewan yang berjalan, migrasi hewan sendiri merupakan gerakan periodic yang dilakukan oleh hewan dari tempat ia tinggal ke daerah baru dan kembali melakukan perjalanan ke habitat asli mereka.

Biasanya hewan akan bermigrasi karena untuk mencari daerah yang makananya berlimpah dan tempatnya aman dan nyaman untuk berkembang biak. Dan rute yang digunakan umumnya sama dari tahun ke tahun bahkan hingga lintas generasi sekalipun.

Hal tersebut dikarenakan keinginan bertahan hidup yang tinggi membuat hewan menjadikan alam sebagai kompas mereka, tak jarang juga beberapa hewan menghabiskan rata-rata waktunya untuk berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya bahkan menyebrang antar benua sekalipun.

Nah, dibawah ini adalah beberapa burung yang melakukan migrasi jarak jauh. Yuk disimak!

1.Artic Tern

Artic Tern

Burung yang satu ini diketahui mampu berkelana hingga 71 ribu kilometer jauhnya hanya dalam satu tahun. Artic akan bermigrasi untuk menyesuaikan suhu tubuhnya sehingga ia dapat berkembang biak dengan baik nantinya.

Bulan September sendiri merupakan bulan yang dipilih oleh burung yang satu ini untuk melakukan perjalanan migrasi, mereka akan terbang ke benua Eropa dan juga Afrika kemudian setelahnya mereka akan ke antartika untuk menghabiskan waktu selama beberapa bulan disana, setelah itu ia akan kembali ke Artik.

Jika ditotal maka jarak migrasi yang dilakukan oleh burung yang satu ini bisa sejauh jarak dari bumi ke bulan bahkan sebanyak enam kali hal ini dikarenakan masa hidup burung ini cukup lama yaitu mencapai 30 tahun.

2.Simpul merah

Simpul merah

Hewan yang satu ini merupakan jenis burung yang cukup kecil, walaupun mereka hanya memiliki sayap yang panjangnya sekitar 20 cm, mereka mampu menempuh jarak hingga 15 ribu kilometer pertahunnya lho.

Biasanya mereka akan bermigrasi dari pantai selatan Chilli dan Argentina dan kemudian pergi ke Kepulauan Arktik di Kanada. Burung ini akan muncul di pesisir pantai karena mereka akan memakan telur kepiting. Namun, sayangnya burung yang satu ini termasuk burung yang cukup langka dan masuk ke THE IUCN Red List.

3.Sooty Shearwater

Sooty Shearwater

Sooty Shearwater merupakan jenis burung yang mampu menempuh jarak sejauh 64 ribu kilometer setiap tahunnya. Mereka biasanya akan menempuh rute secara melingkar dari Kepulauan Falkland pada musim semi dan migrasi ke Perairan Arktik untuk memberi makan anak-anak mereka selama musim panas berlangsung.

Burung ini tak bermigrasi bersama kelompok lainnya, namun mereka melakuaknnya secara individual, selain itu mereka biasanya akan kembali ke tempat asal jika sudah memasuki musim gugur karena musim tersebut merupakan musim paling pas untuk berkembang biak.

Sooty Shearwater sendiri juga dikenal memiliki saudara yaitu Short-tailed Shearwater yang memiliki jarak migrasi lebih kecil ketimbang dirinya yaitu berjarak 43 ribu kilometer saja. Burung ini juga melakukan perjalanan ke daerah Pasifik setiap tahunnya dan berpindah dari Australia pada musim dingin ke Amerika Utara dan kembali lagi ke Australia jika sudah memasuki musim kawin.

Nah, kira-kira itulah beberapa burung dengan jarak migrasi terjauh di dunia. Semoga artikel ini mampu memberikan informasi serta ilmu tambahan untuk kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *