Burung Yang Tidak Bisa Terbang, Emang Ada?

Burung Yang Tidak Bisa Terbang, Emang Ada?

Yang namanya burung harusnya bisa terbang karena mereka diberkahi dengan sayap, setidaknya itulah yang kebanyakan dari kita pikirkan.

Namun, ternyata ada beberapa burung yang tidak bisa terbang loh. Padahal mereka juga memiliki sayap.

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Burung Yang Tidak Bisa Terbang, Emang Ada?

Walaupun tidak bisa terbang, mereka diberkahi dengan kemampuan lain, seperti bisa berenang atau berlari dengan cepat.

Nah, di bawah ini merupakan burung-burung yang ditakdirkan untuk terus hidup di darat.

1.Penguin

pinguin

Penguin merupakan burung yang tidak terbang namun populer. Mereka bisa berenang dan menyelam sebagai ganti ketidakmampuan mereka untuk terbang.

Kebanyakan dari mereka hidup di area yang dingin seperti antartika. Setidaknya ada 18 spesies penuin yang hidup di dunia.

2.Bebek Steamer

Bebek Steamer

Ada 4 jenis Bebek stemer di dunia ini dan 3 diantaranya tidak bisa terbang. Jenis yang bisa terbang adalah Tachyeres patachonicus, bahkan tidak bisa terbang dalam waktu lama karena terlalu berat. Mereka bahkan kesusahan untuk berdiri.

3.Burung Onta

Burung Onta

Burung onta tidak bisa terbang namun bisa berlari dengan cepat, burung onta sangat besar hingga dinamakan raja dari segala burung.

Bahkan telurnya juga berukuran raksasa dan tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya. Pada beberapa negara, burung onta dibuat sebagai hewan perlombaan.

Jika dalam kartun-kartun, mereka suka digambarkan menyembunyikan kepalanya di tanah.

4.Kiwi

Kiwi

Ada 5 jenis burung kiwi yang hidup dan taka da satupun dari mereka yang bisa terbang. Burung ini terbilang sebagai burung yang aneh karena memiliki bulu rahasia.

5.Weka

Weka

Burung ini ditemukan di Selandia Baru dan mirip dengan Kiwi. Walaupun tak bisa terbang, tetap berhati-hati karena mereka dikenal sebagai pencuri ulung dan sering mencuri barang-barang para camper. Namun sayang jumlah populasinya semakin menurun.

6.Kakapo

Kakapo

Dikenal sebagai burung beo hantu karena wajahnya yang sedikit menyerupai burung hantu. Kakapo merupakan penghuni asli Selandia Baru dan merupakan burung nocturnal alias aktif di malam hari. Mereka bisa tumbuh hingga setinggi 60 cm.

7.Takahe

Takahe

Juga datang dari Selandia Baru. Takahe dikenal sebagai burung yang ulung bermain petak umpet karena pintar bersembunyi. Burung ini sempat dikira punah, namun ternyata muncul lagi beberapa tahun kemudian.

8.Kasuari

kasuari

Burung yang tinggal di area Utara Australia serta Papua Nugini hingga Maluku ini berukuran besar dan bisa disandingkan dengan burung onta.

Kamu tidak akan mau bermasalah dengannaya. Masalah berat badan, kasuari termasuk ke dalam burung kelas berat dan bisa diadu dengan burung onta.

9.Burung Kakatua

Burung Kakatua

Burung kakatua juga ternyata merupakan salah satu burung yang tidak bisa terbang. Meski begiu, burung satu ini memiliki kelebihan yang lain.

Burung yang memiliki ciri khas berwarna putih dengan jambul berwarna kuning ini bisa menirukan suara jika dilatih.

10.Burung Rhea

burung rhea

Burung Rhea merupakan burung yang berasal dari Amerika Selatan. Burung ini juga termasuk ke dalam salah satu burung yang tak bisa terbang.

Namun, burung Rhea memiliki keistimewaan, yaitu tubuhnya berukuran besar, memiliki leher yang panjang, serta kaki yang panjang.

11.Burung Emu

burung emu

Burung emu merupakan burung paling besar yang ada di Australia. Burung ini juga merupakan burung tertinggi kedua di dunia, lo.

Emu adalah burung yang memiliki leher dan kaki yang panjang. Jenis burung ini lebih banyak memakan serangga dan juga tanaman.

Itulah beberapa jenis burung yang ternyata tidak bisa terbang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *