Cara Melatih Burung Bertengger di Atas Jari

Melatih burung untuk bertengger bisa menjadi langkah dasar yang penting untuk para pemilik burung. Kegiatan ini dapat menghilangkan rasa takut burung dan membangun kepercayaan antara burung dan pemiliknya.

Melatih burung juga membantu membangun kewibawaan Anda dan mencegah burung agar tidak menjadi defensif.

Walaupun langkahh ini cukup mudah, namun keberhasilannya juga akan bergantung pada sifat burung dan kesabaran kalian.

Dengan kesabaran dan sentuhan lembut, burung kesturi, parkit, dan burung lainnya dapat diajarkan untuk bertengger di atas jari atau tangan.

Cara Melatih Burung Peliharaan

1.Biasakan burung dengan tangan Anda.

Masukkan tangan pelan-pelan ke dalam kandang (tetapi tidak terlalu dekat), hingga burung merasa nyaman.

Burung yang pemalu atau gugup memerlukan beberapa sesi hingga merasa nyaman dengan tangan Anda. Lakukan terus-menerus dan pastikan selalu untuk bergerak perlahan agar burung tidak terkejut.

Berdirilah di atas level mata burung untuk membangun dominasi. Berdiri terlalu tinggi dapat membuat burung takut dan berjongkok terlalu rendah akan menunjukkan ketundukan Anda.

2.Sodorkan tangan Anda ke arah burung.

Pastikan untuk menggerakkan tangan perlahan dan jagalah agar tangan Anda tetap stabil dan percaya diri.

Burung akan gugup jika orang yang menanganinya gugup dan akan enggan atau takut untuk bertengger di atas jari jika tangan Anda bergetar atau Anda menjatuhkan burung selama sesi-sesi awal ini.

3.Dorong jari ke bagian bawah dada burung dengan pelan dan perlahan, tepat di atas kakinya.

Tekan pelan-pelan sehingga burung sedikit kehilangan keseimbangan. Burung harus mengangkat kakinya ketika merasa kehilangan keseimbangan. Ketika ini terjadi, letakkan jari di bawah kaki dan angkat pelan-pelan–burung akan bertengger di atas jari atau tangan.

Jika burung gugup atau menggigit, Anda harus memulai latihan dengan sebatang kayu hingga ia menjadi lebih nyaman.

Seekor burung dapat menggunakan paruhnya untuk menstabilkan diri atau bahkan menggigit jari atau tangan Anda.

Jika hal ini terjadi, jangan meninggalkan burung atau menunjukkan rasa takut, karena burung akan ketakutan atau menganggap hal ini sebagai tanda ketundukan.

4.Bujuklah burung untuk ” bertengger”.

Gunakan nama burung ketika Anda berkata “bertengger” dan berikan pujian sering-sering. Banyak burung, terutama jika masih kecil, akan bertengger di atas jari Anda dengan sedikit dorongan, karena jari menyerupai tenggeran.

Ketika burung bertengger, pujilah dan berikan makanan khusus yang disiapkan sebelumnya. Meskipun burung hanya mengangkat satu kakinya di atas tangan, Anda harus memujinya dan memberi imbalan.

Dengan pengulangan dan dorongan, burung akan belajar untuk menghubungkan perintah “bertengger” dengan tenggeran di atas tangan atau lengan.

5.Ulangi latihan dengan tangan lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang sama, biasakan burung dengan tangan lain yang lebih lemah. Burung yang merupakan hewan dengan kebiasaan dapat menolak untuk bertengger di atas tangan yang berlawanan kecuali Anda berusaha untuk melatihnya selama tahap awal ini.

Ketika burung semakin nyaman, Anda bisa mulai mengeluarkannya dari kandang sebelum mengulangi pelatihan bertengger.

6.Latih terus burung.

Jika burung pemalu atau gugup dan menolak untuk bertengger di atas jari atau tangan, gunakan sebatang kayu.

Ketika burung bertengger di atas kayu, beralihlah ke teknik “berjenjang”. Tempatkan jari Anda di samping dan sedikit lebih tinggi dari burung yang bertengger dan bujuklah agar beralih ke tenggeran baru.

Sertakan tiap langkah dengan perintah “bertengger” dan berikan pujian sering-sering ketika burung mengikuti perintah Anda.

Perintahkan burung agar terus bergerak dari batang kayu ke jari dan dari jari ke batang kayu hingga sesi latihan berakhir.

7.Lakukan terus-menerus, tetapi dengan sabar.

Burung memiliki temperamen yang unik dan bisa malu atau gugup, dengan demikian penting untuk melatih kesabaran ketika melatih burung setiap hari.

Buatlah rutinitas sesi latihan. Burung akan belajar untuk menunggu sesi latihan bersama-sama.

Berikan imbalan dengan pujian dan makanan meskipun kemajuannya hanya sedikit. Dorongan adalah cara terbaik agar burung merasa nyaman dan ajarkan burung agar mengikuti perintah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *