Cara Memelihara Burung Hantu di Rumah

Memelihara burung hantu bisa memberikan beberaoa keuntungan. Misalnya jika kita melatihnya dengan benar, ia bisa membantu kita menangkap tikus.

Burung hantu kini banyak dijadikan sebagai binatang peliharaan. Namun ada baiknya kalian juga mempertimbangkan masalah perlindungan dan keberadaan burung di alam.

Cara Memelihara Burung Hantu

Burung hantu memiliki peran penting di dalam rantai makanan. Di antaranya adalah sebagai burung yang memakan hama tikus.

Jika terus diburu, maka burung sebagai predator tikus akan berkurang. Populasi tikus akan meningkat dan akan mengganggu berbagai kegiatan manusia seperti berladang, bertani di sawah, dan berbagai kegiatan rumah tangga.

Jadi, para pemilik sebaiknya mengetahui sebaran burung hantu dan darimana burung tersebut. Burung yang sedang banyak diminati ini akan terancam berkurang populasinya.

1.Penetuan Tujuan

Cara pertama adalah dengan menentukan tujuan dari pemeliharaan. Kalian sebaiknya memanfaatkan burung hantu untuk membantu urusan manusia.

Hal ini akan membuat para kolektor menjadi lebih bijak saat akan memelihara burung hantu yang lucu. Burung hantu yang sudah terlatih akan mampu dimanfaatkan untuk membantu kebutuhan manusia.

Bagi kolektor, burung ini bernilai sangat eksotik. Burung hantu ini sangat bisa dijadikan salah satu pilihan dalam pemeliharaan hewan.

Para kolektor harus rajin dalam melatihnya. Kolektor juga sebaiknya memiliki beberapa pemahaman awal tentang burung hantu.

Tujuan yang jelas akan memunculkan kecintaan pada burung tersebut. Saat ini banyak dilakukan penjinakkan dan penangkara pada burung hantu sebagai upaya pelestarian burung hantu.

Hal ini juga menjadi peluang dalam berwirausaha sesuai dengan bidang hobi, wirausaha sepertiini baiknya mendapat izin pengedaran  untuk menghindari penilaian tentang perdagangan illegal.

Etika sebagai wirausaha harus ditetapkan. Seorang pecinta binatang juga hendaknya mencintai kelangsungan hidup dari binatang tersebut. Pecinta yang bijak yang ikut serta dalam pelestariannya.

2.Pencarian Referensi Burung Hantu

Cara memelihara burung hantu di rumah adalah dengan mencari referensi pemeliharaan. Hal ini sangat penting karena ilmu pengetahuan dan pengalaman akan menentukan kesuksesan dalan cara pemeliharaan dan perawatannya.

Jika tujuannya untuk penangkaran, pengetahuan tersebut menjadi sangat lebih penting. Beberapa hal yang sebaiknya diketahui oleh para pemelihara burung hantu.

  • Jenis burung hantu dan penyebarannya
  • Tahap melatih burung hantu
  • Macam-macam sarang burung hantu
  • Manfaat penangkarang burung hantu di bidang ekonomi

Pemilik yang akan memelihara burung hantu sebaiknya sudah menguasai teknik pemeliharaan dan perawatan. Peternak juga wajib menguasai cara melatih burung hantu. Jika mampu mencetak burung yang terlatih maka akan berkesempatan memiliki nilai jual tinggi.

3.Pemilihan Tempat Pemeliharaan

Kalian juga harus memperhatikan tempat pemeliharaan. Hal ini merupakan hal yang wajib diperhatikan oleh para pecinta.

Lingkungan yang tak sesuai akan membuat burung hantu menjadi rentan stress. Burung yang stress akan dengan mudah mati.

Pemilik sebaiknya mengerti untuk tidak memperlakukan burung hantu seperti burung biasa lainnya. Pemahaman cara memelihara harus benar-benar dipahami.

4.Memperlakukan Layaknya Teman

Sebagai pemula dalam memelihara burung hantu di rumah sebaiknya memberi perlakuan seperti teman.

Pemula juga bisa melakukan pemberian pakan dengan teratur dan memandikannya kemudian menjemurnya.

Burung memiliki kepintaran. Perawat burung ini bisa melakukan komunikasi setiap hari dengan burung yang lucu. Lakukan pendekatan dengan rutin dan teratur.

Itulah beberapa tips untuk merawat burung hantu di rumah kalian. Ingat, kalian juga harus mempertimbangkan masalah ekosistem alam jika ingin merawat burung ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *