Cara Merawat Burung Merpati Dengan Mudah Untuk Pemula

Cara Merawat Burung Merpati Dengan Mudah Untuk Pemula

Cara Merawat Burung Merpati Dengan Mudah Untuk Pemula – Burung Dara atau Burung Merpati merupakan burung yang paling mudah ditemukan di berbagai Benua seperti Asia, Amerika, Eropa Afrika, hingga Australia. Burung Dara atau Burung Merpati banyak dipelihara memang karena mudah untuk dipelihara baik untuk diambil dagingnya ataupun dijadikan burung balapan.

Burung Merpati memang dulunya sering digunakan untuk mengirim pesan, bahkan zaman perang dunia 1 dan 2 masih digunakan oleh berbagai Negara untuk mematai-matai musuhnya.

Nah bagi Kalian yang tertarik memelihara Burung Dara atau Burung Merpati, maka ada baiknya kalau Kalian mengikuti Tips dan Cara Merawat Burung Merpati berikut ini. Simak Selengkapnya Ya!

Cara Merawat Burung Merpati Dengan Mudah Untuk Pemula

1. Memiliki Kandang Burung Yang Cukup Besar

Dalam Merawat Burung Merpati sangat disarankan kalau Kalian memiliki Kandang Khusus yang cukup besar, Saat membeli atau membuat kandang burung dara ataupun burung merpati sangat disarankan membuat ukurang yang cukup besar sekitar 1.5 hingga 3 Meter. Gunanya Kandang besar agar burung bisa sering terbang meski di dalam kandang dan juga buat tempat bertengger serta tempat makan dan minumnya juga.

2. Berikan Makanan Secara Tertatur

Saat memelihara Burung Merpati atau Burung Dara sangat disarankan memberi makanan 2 kali dalam 1 hari, Berikan makanan burung dara atau burung merpati biji-bijian seperti kacang, beras, jagung kering, dan lainnya. Kalian dapat mencari pakan burung merpati atau burung dara di sebuah Pet Shop serta jangan lupa berikan juga vitamin jika burung peliharaan mu kurang sehat.

3. Sering Bersihkan Kandang Burung

Agar Burung Merpati atau Burung Dara tetap sehat, Kalian harus sering membersihkan Kandang burung mu setiap pagi atau setiap 2 hari sekali dalam 1 minggu. Dalam membersihkan burung kandang Kalian bisa menggunakan sikat atau semprotan air dalam

4. Melatih Burung Dara Pulang Ke Kandang

Jika Kalian memelihara Burung Dara sejak kecil, pastikan kamu sering melatih Burung ini untuk kembali ke kandangnya. Kalian bisa melatih sesekali dengan membiarkan burung Keluar dari Kandang dengan menggunakan kurungan ayam. Latih burung merpati kalian setiap beberapa minggu dan jika sudah hapal, burung dara atau burung merpati bisa kalian coba lepaskan.

Nah itulah Tips dan Cara Merawat Burung Merpati atau Burung Dara Dengan Mudah Untuk Pemula, Selain itu ketahui juga berbagai Jenis Burung Dara atau Merpati di artikel sebelumnya berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *