Tertarik Memelihara Burung? Yuk Simak Dibawah Ini, Cara Merawat Burung di Rumah Supaya Rajin Berkicau

Tertarik Memelihara Burung? Yuk Simak Dibawah Ini, Cara Merawat Burung di Rumah Supaya Rajin Berkicau

Kamu suka pagimu diawali dengan suara kicauan burung yang indah? Atau kamu penasaran dengan cara merawat burung? Jika iya, mungkin artikel ini akan cocok kamu yang ingin memelihara seekor burung kicau dirumah atau hanya sekedar penasaran.

Mungkin bagi beberapa orang kicauan burung dapat membuat mereka senang, karena suara yang dihasilkan begitu indah. Nah, burung yang rajin berkicau itu harus dirawat loh!, ada istilah “Burung gacor”, dimana burung akan rajin berkicau.

Tapi bagaimana membuat burung menjadi rajin berkicau atau gacor? Yuk,disimak karena dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara merawat burung dirumah supaya gacor.

1.Lakukan Proses Pengembunan Kepada Burung

Bukan hanya manusia loh yang membutuhkan jemuran matahari pagi, ternyata burung juga. Nah, sebelum kalian menjemur burung dipagi hari, ada baiknya kalian harus melakukan proses pengembunan dahulu dengan cara meletakan sangkar burungnya didepan rumah ataupun ranting pohon.

Tujuannya adalah agar burung mendapat supply oksigen yang segar dan membuat pernapasan burung lebih baik, pengembunan merupakan proses yang penting karena  dengan itu burung dapat merasakan suasana layaknya dihabitat aslinya.

2.Jemur Burung Pagi dan Sore Hari

Setelah melakukan proses pemgembunan, burung harus dijemur pada pagi dan sore hari, jam pagi yang dianjurkan adalah jam 7 pagi. Tujuannya agar burung mendapatkan asupan vitamin D.

Selain itu sinar matahari juga dapat membantu burung terbebas dari jamur dan kuman yang berada dalam sangkar mereka loh guys!

3.Hindari Kontak langsung dengan sinar matahari

Jangan biarkan burung kontak langsung ke sinar matahari, apalagi waktu siang hari. Karena panas berlebihan tentu akan membuat burung cepat sakit. Sebaiknya pada waktu siang hari, letakan burung ditempat yang teduh dan sejuk

4.Bersihkan Burung Secara Teratur

Untuk membuat burung rajin bersiul, kamu harus memperhatikan kebersihan dari burung tersebut. Faktanya untuk membuat burung bersiul indah, ia memerlukan kesegaran pada tubuhnya.

Waktu yang paling pas untuk membersihkan burung adalah setelah proses penjemuran di pagi hari, tentunya proses membersihkan akan membuat bulu dari burung tersebut lebih terawatt dan mengkilap

5.Bersihkan Kandangnya

Tidak hanya burungnya yang harus kamu bersihkan, kebersihan kandangnya juga menjadi factor loh. Kamu harus rajin membersihkan kandangnya dari kotoran yang menempel,

Gunanya untuk menghindari burung dari virus yang terdapat pada sarangnya, pada dasarnya juga burung menyukai  tempat yang bersih.

6.Sempot Kandang Burung

Menyemprot kendang burung ini berguna untuk menghindari burung peliharaan kamu dari kutu loh. Selain itu, kamu juga harus menyemprot kendang burung dengan cairan vitamin burung seminggu sekali. Biasanya para pemilik burung akan memberikan vitamin burung merek Probiovit.

7.Beri Makanan yang Berkualitas

Hal yang satu ini tidak boleh terlewatkan ya guys, pemberian makan ke burung tidak boleh asal-asalan, agar burung kesayangan kalian tumbuh dengan sehat maka factor makanan harus diperhatikan.

Terdapat berbagai jenis makanan burung yang bisa membantu pertumbuhan mereka, misalnya, jangkrik,kroto,ulat, cacing, pisang, dll. Dan usahakan kamu harus mengganti variasi makanan mereka setiap seminggu sekali

8.Pancing Dengan Suara Burung lain

Nah, ini merupakan langkah terakhir nih, nyatanya memang terdengar aneh, tapi ternyata metode ini ampuh untuk memancing peliharaan kamu agar bersiul indah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memutar suara kicauan burung lain secara rutin, waktu yang diperlukan juga tidak perlu terlalu lama, cukup satu sampai dua jam setiap hari, maka nanti burung akan merespon sendiri,

So, itulah beberapa tips untuk kamu yang tertarik ingin memelihara burung, atau sekedar ingin tahu bagaimana cara merawat burung. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *