Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Untuk Pemula

Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Untuk Pemula

Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Untuk Pemula – Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang yang memelihara Burung Lovebird bertujuan untuk mengembang biakan burung yang satu ini. Burung Lovebird memang dikenal sebagai burung cinta yang memiliki sifat setianya dengan pasangannya seumur hidup hingga salah satunya ada yang mati.

Burung Lovebird memiliki berbagai kriteria warna yang unik dari Hijau, Kuning, Abu-abu, Biru, dan masih banyak lagi. Bagi para pecinta burung Lovebird tentunya ingin memiliki anakan dari burung ini.

Nah Bagi kalian yang tertarik mengembang biakan burung Lovebird, maka ikuti Cara Ternak Burung Lovebird di rumah untuk para pemula seperti berikut ini.

Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Untuk Pemula

1. Siapkan Kandang Lovebird

Sebelum memulai mengembang biakan lovebird, akan lebih baik untuk menyiapkan kandangnya terlebih dahulu. Caranya bisa dengan menyiapkan Kandang berukuran panjang dan cukup besar untuk burung Lovebird tersebut. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Kandang lovebird adalah Kandang harus memiliki tempat makan dan tempat bermain untuk burung.

2. Memiliki Pasangan Burung Lovebird yang ingin dicocokan

Setelah Kalian mempunyai kandang untuk ternak lovebird, Kalian bisa memilih indukan lovebird. Sebelum Kalian memilih indukan, tentukan terlebih dahulu lovebird yang bagaimana yang ingin Kalian ternak.

Apakah yang bersuara bagus atau yang memiliki bulu bagus dan menarik. Jika sudah menentukannya maka pilihlah indukan burung lovebird yang sesuai dengan keinginan Kalian.

3. Pastikan Burung Lovebird sedang siap kawin

Lovebird yang siap dikawinkan biasnya berusia minimal 1 tahun. Pastikan kalau usia induk lovebird benar-benar cukup untuk diternak. Ciri-ciri lovebird siap kawin diantaranya adalah:

Betina : Burung Lovebird Betina akan sering merentangkan sayapnya dan ekor yang sering diangkat ke atas.

Jantan : Sedangkan lovebird jantan yang sering menggosok-gosokkan pantatnya pada sangkar menandakan kalau sudah siap kawin.

4. Masukan Burung Lovebird dalam Kandang yang siap Kawan

Setelah dipastikan Kalau burung Lovebird yang Kalian miliki sudah siap kawin, maka satukan Kedua burung Lovebird tersebut dalam satu Kandang.

Kalian juga harus tahu, baiknya memasukan burung lovebird di Kandang yang cukup besar dan rumah-rumahan burung untuk tempat menetaskan telur tersebut.

5. Setelah Lovebird Bertelur

Sangat disarankan jika proses perkawinan sudah berlangsung dan Burung Lovebird Betina sudah bertelur jangan sering di Cek agar burung tidak terganggu. Selain itu ketahui juga kalau Burung Betina tersebut benar-benar mengerami telurnya atau tidak. Karena tidak semua burung Lovebird betina yang tidak mau mengerami telurnya, biasanya itu adalah burung Lovebird yang baru pertama kali bertelur.

6. Pemisahan Anak Lovebird

Setelah telur menetas, ada baiknya kalau kalian harus menunggu 14 hari agar bisa dipisahkan dari Induk mereka. Jika kalian memisahkan anakan burung lovebird maka siapkan lampu 5 watt untuk kandang anak burung lovebird tersebut.

Nah itulah Cara Ternak Burung Lovebird Di Rumah Untuk Pemula yang wajib kalian ketahui, Selain itu ketahui juga Cara Merawat Burung Lovebird Lomba di artikel sebelumnya. Nah Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *