Kenali Ciri-ciri Burung Lovebird Saat Ingin Bertelur

Kenali Ciri-ciri Burung Lovebird Saat Ingin Bertelur

Memelihara burung tentunya merupakan salah satu hobi yang cukup digandrungi saat ini, bagaimana tidak hewan yang satu ini tentu memikiki ciri khasnya tersendiri sebagai daya tarik bagi sebagian besar orang, misalnya dari warna bulu atau kicauannya yang indah itu.

Nah, seperti pada hewan umumnya burung juga tentunya memiki dua jenis kelamin, yaitu jantan dan betina. Tentunya mereka juga akan berkembang biak dengan kawin. Nah, jika kamu sudah mulai melihat gelagat burung betina dan jantan akan melangsungkan perkawinan, kamu harus memastikan tempat mereka itu kuat dan aman sehingga proses pembuahan bisa berjalan dengan baik.

 Biasanya para peternak ataupun yang memelihara untuk pertama kali, akan kebingungan bagaimana cara membadakan jenis kelamin burung, terlebih burung Lovebird, bagaimana proses penjodohannya, dan masih cukup banyak masalah lainnya.

Semua masalah yang terjadi diatas itu merupakan proses dalam memelihara burung yang harus kamu lewati ya. Hampir semua pemilik burung love bird pasti pernah mengalami masalah yang terjadi diatas pada awal-awal mereka memelihara burung tersebut.

Supaya proses kamu dalam memelihara burung lovebird semakin sukses, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk kamu agar kamu tidak kebingungan lagi dalam memecahkan masalah tersebut.

Yang pertama harus tahu adalah, kamu harus mengenali ciri-ciri burung betina lovebird yang akan bertelur, dengan melihat  bentuk tubuhnya yang semakin gemuk atau besar, perubahan tidak hanya dilihat dari bentuk tubuhnya, tetapi perilakunya akan bertambah gelisah dan juga sering mengeluarkan suara yang keras.

Burung Lovebird Bertelur

Ketika kamu menemui keadaan yang seperti itu kamu bisa mencoba memasukan selembar tisu ataupun kertas kedalam kendang mereka, tujuan dari tindakan itu adalah agar kamu bisa mengetahui dengan pasti apakah burung tersebut benar-benar akan bertelur, sebab jika burung tersebut merobeknya dan menyelipkannya dibalik sayap, maka dapat dipastikan burung peliharaan kamu tersebut akan bertelur. Dibawah ini akan kami sebutkan ciri-ciri burung lovebird betina akan bertelur

  • Love bird akan membuat sarang menggunakan sobekan kertas yang kamu berikan, daun cemara, serpihan kayu, ataupun serabut kelapa yang sudah kamu berikan kedalam kandangnya.
  • Lovebird betina akan lebih sering berdiam dikandangnya
  • Langkah ini merupakan langkah yang cukup penting, dimana kamu harus mengecek anus dari burung betina tersebut. Biasanya burung betina yang akan bertelur akan membuat anusnya bengkak
  • Yang keempat juga tidak kalah penting, kamu harus mendengar suara nafas dari burung tersebut, biasanya burung yang akan bertelur akan memiliki nafas yang lebih berat dari biasaya

Jika kamu sudah menemukan indikasi bahwa burung lovebird betina kamu akan bertelur, maka cara perawatannya juga sedikit berbeda. Sebab, burung yang hamil tentunya memerlukan asupan gizi yang lebih banyak ketimbang burung yang tidak hamil.

Oleh sebab itu, maka kamu harus memberikan vitamin yang cukup, atau kamu juga bisa memberikan tulang sontong sebagai pengganti vitamin dan penambah asupan kalsium, karena asupan kalsium akan membuat cangkang lebih kuat dengan begitu maka telur yang dihasilkan akan lebih bagus nantinya.

Burung lovebird

Lalu untuk kamu yang baru pertama kali melihat burung betina lovebird kesayangan kamu akan bertelur, saran kami sebaiknya hindari untuk membuka sarang mereka, karena mereka akan lebih banyak berdiam dalam kotak sarang mereka, sehingga mereka akan lebih focus, tetapi kamu juga harus sesekali mengecek perkembangan mereka sampai lovebird mengerami telur mereka hingga nantinya menetas.

Jadi kira-kira itulah beberapa tips untuk mengenali burung kamu sedang hamil. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *