Fakta Mengenai Burung Elang Paling Besar

Tahukah kamu, bahwa di dunia ini terdapat elang dengan ukuran yang sangat besar? Bahkan ukurannya tersebut sangat besar jika kamu lihat dari dekat.

Namanya adalahnya Elang Harpy, elang yang satu ini merupakan elang yang memiliki ukuran tubuh hampir sama dengan manusia yang berusia remaja.

Mereka bisa tumbuh hingga ukuran tubuh mencapai 1 meter lebih, dan untuk jenis kelamin betina sendiri akan lebih besar dari jantan.

 

Burung yang satu ini memiliki ciri-ciri bewarna abu-abu gelap dengan memiliki bulu yang mengembang di atas kepalanya, dan akan mengembang ketika mereka merasa terancam.

Harpy juga memiliki pendengaran yang sama tajamnnya seperti burung hantu, namun untuk ini burung hantu masih lebih unggul.

Untuk cakar mereka sendiri memiliki ukuran yang sangat besar, ukuran tersebut hampir bisa menyamai kepalan anak kecil dan juga ukuran tersebut lebih besar ketimbang beruan grizzly yang memiliki Panjang 13 centimeter.

Sedangkan sayapnya, memiliki Panjang hampir dua meter, dan burung elang yang satu ini juga dikatakan sebagai burung predator yang paling berat, besar dan terkuat di dunia.

Untuk persebarannya, burung yang satu ini tersebar dibeberapa wilayah di negara Amerika bagian selatan, dari Meksiko sampai ke Argentina utara.

Tinggal di hutan tropis dan mereka memiliki kebiasaan diam diatas pohon kapas sutra serta membangun sarang mereka pada ketinggian 26 hingga 45 meter diatas tanah.

Elang ini juga mampu memangsa hewan yang beratnya mencapai 7,7 kilogram, biasanya hewan yang mereka incar seperti monyettt dan juga kukang.

Kecepatan mereka dalam menyergap mangsa diketahui mencapai 80 km/jam, tentu angka tersebut akan membuat mangsanya tak sempat melarikan diri.

Tapi meskipun demikiran, burung yang satu ini memiliki kesabaran yang sangat tinggi sebelum berburu, biasanya mereka akan bertengger dan menunggu mangsa masuk kedalam wilayah pengawasannya.

Menurut Active Wild, bburung ini mampu menunggu sampai 23 jam sebelum menyambar mangsa, terkadang mereka juga mengincar burung jenis lain.

Burung ini juga bisa dibilang hampir sempura dari fiisknya, karena dibekali dengan tubuh yang besar, kuku yang besar, pendengaran, dan juga penglihatan yang bagus.

Ia mampu melihat sesuatu dengan ukuran hanya 2 centimeter dengan jarak 200 meter, yang menjadikannya sebagai hewan yang hampir sempurna.

Hewan ini juga diketahui sebagai monogami, yang artinya mereka akan sangat setia pada pasangannya, elang betina ini juga diketahui mampu  bertelur dua hingga tiga butir dan biasnaya akna terjadi pada dua hingga tiga tahun sekali.

Tugas mengerami telur juga tak hanya dilakukan oleh betina, karena elang jantan juga berperan dan mereka akan memberi makan anaknya sampai umur 10 bulan.

Anakan elang harpy akan dikatakan dewasa apabila sudah memasuki usia lima sampai enam bulan, meskipun demikian mereka masih akan berkeliaran di sarang hingga usiany menjadi satu tahun.

Elang ini akan mulai berkembang biak pada tahun ke lima dan usia hidup mereka tergolong Panjang yaitu 25 hingga 35 tahun.

Meskipun ia merupakan predator puncak, namun berita sedihnya mereka tergolong hewan yang terancam punah.

Hal itu berdasarkan laporan IUCN yang mengklasifikasikan spesies ini dalam kategori near threatned, hal ini disebabkan akibat penggundulan hutan yang terlalu banyak dan juga menjadi perburuan manusia.

 

Nah, kira-kira itulah sedikit pembahasan mengenai burung elang Harpy. Semoga membantu ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *