Beberapa Fakta Tentang Burung Hantu

Beberapa Fakta Tentang Burung Hantu

Burung hantu merupakan salah satu hewan yang cukup populer, bahkan sejak lama. Burung hantu biasanya seringkali dikaitkan dengan kegiatan atau hal yang berbau mitos atau hal-hal ghaib, hal tersebut juga ditunjukan dalam sebuah film yang berjudul Harry Potter yang bertugas sebagai burung pengantar surat ke dunia para penyihir berada.

Berbeda di negara Inggris, biasanya jika warga setempat disana melihat burung hantu yang lewat, maka mereka percaya akan terjadi suatu keberuntungan, berbeda di Indonesia yang menganggap akan terjadi suatu Kemalangan atau pertanda kematian.

Burung hantu juga biasanya identik dengan ciri khas matanya yang bulat, aktif di malam, dan mereka mampu terbang tanpa mengeluarkan suara, selain itu mereka juga memliki leher yang bisa berputar hingga 360 derajat.

Burung hantu sendiri merupakan anggota dalam kelompok Ordo Strigformes, yang terdiri dari dari dua suku yaitu burung hantu Gudang atau Tytonidae dan suku burung hantu sejati atau Strigidae.

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa fakta mengenai burung hantu, yuk disimak.

1.Aktif pada siang hari

Mungkin burung yang satu ini identik dengan malam hari, entah dari namanya ataupun kalian membacanya di beberapa buku. Namun, beberapa jenis burung hantu justru melakukan perburuan pada siang hari misalnya seperti jenis burung hantu abu besar, elang utara, dan kerdil utara.

Beberapa jenis burung diatas melakukan perburuan pada siang hari bukan tanpa alasan, sebab beberapa makanan mereka hanya bisa ditemui pada siang hari. Itulah mengapa mereka melakukan perburuan pada siang hari, faktanya juga burung hantu merupakan memiliki hubungan yang dekat dengan burung elang.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa burung hantu melakukan perburuan di siang hari pada 48 juta tahun yang lalu, dengan ditemukannya fosil yang tengkoraknya sangat persis dengan elang burung modern yang melakukan perburuan pada siang hari.

2.Bermanfaat

Burung hantu juga dikenal dengan hewan yang berguna bagi sector pertanian, hal ini dikarenakan mereka bisa digunakan untuk membasmi hama tikus pada sawah.

Beberapa fakta juga mengatakan bahwa burung hantu diketahui lebih efektif dalam membasmi hama tikus dibanding menggunakan obat atau racun, karena tidak menimbulkan dampak negative.

Hal tersebut dikarenakan hubungan symbiosis mutualisme, dan burung hantu merupakan predator alami, jika kamu ingin menggunakan burung hantu untuk membasmi tikus, kamu bisa membeli hantu jenis Serak Jawa, karena jenis ini merupakan jenis yang paling hebat dalam memburu tikus.

Diketahui bahwa menggunakan sepasang burung hantu jenis Serak Jawa bisa melindungi tanaman padi dengan luas 25 hektar dan juga mereka dapat memangsa hingga 1.300 ekor tikus perindividu.

3.Burung perdamaian

Hewan ini sudah mendamaikan konflik yang berada di Timur Tengah, dua belah pihak yang saling berseteru yaitu petani dan para ilmuwan akhirnya berdamai setelah diketahui burung hantu dapat membasmi tikus.

Para ilmuwan mendorong para petani sekitar Israel, Yordania, Palestina untuk membuat kotak yang tersebar didaerah kebun mereka, dengan tujuan burung hantu mau bersarang disana dan membasmi tikus bintang atau vole (sejenis tikus tapi dengan tubuh lebih besar)

Bahkan kerjasama antar ilmuwan dan para petani masih berlanjut hingga sekarang berkat bantuan burung hantu ini.

Nah, kira-kira itulah beberapa fakta mengenai burung hantu yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Semoga artikel ini membantu kamu untuk mendapatkan informasi yang berguna kedepannya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *