Fakta mengenai burung unta

Burung unta merupakan salah satu burung yang cukup ditakuti, burung yang satu ini merpakan burun terbesar yang bahkan masih hidup hingga saat ini.

Burung unta memiliki tinggi sekitar 2,5 meter, tentu tinggi tersebut mengalahkan beberapa pemain basket terkenal sekalipun.

Hewan yang satu ini juga diketahui tidak memiliki kemampuan untuk terbang, dan termasuk kedalam kumpulan primitive yang jarang dikenali orang-orang.

Burung yang satu  ini berasal dari dataran afrika, lebih tepatnya gurun di Afrika utara dan selatan yang merupakan zona khatulistiwa.

Burung unta juga merupakan hewan yang dibudidayakan untuk diambil bulunya yang digunakan sebagai hiasan, selain itu kulitnya juga bisa digunakan untuk bahan tekstil dan dagingya dijual secara komersial.

Hal tersebut karena rasa daging dari burung unta ini mirip seperti sapi dengan berwarna seperti buah cherry, dan memiliki kandungan tinggi zat besi, kalsium, protein.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa burung unta mampu tumbuh hingga tinggi mencapai 2,5 meter dan berat dari burung yang sat ini juga mencapai 100 hingga 120 kilogram loh.

Memiliki ciri-ciri yang ramping, membuat burung yang satu ini tidak bisa diremehkan, karena ia memiliki keunikan dan kelebihan yang unik yang tak dimiliki burung lainnya.

Hewan yang satu ini memilki nama ilmiah yaitu Struthio Camelus, burung ini tak bisa terbang karena ukuran tubuh yang besar membuatnya berat saat terbang.

Kekuatan utama pada burung ini terletak pada kecepatan berlalinya yang bisa mnecapi 70 kilometer perjam, dan hewan yang satu ini tidak bisa dimasukan ke dalam sangkar burung seperti pada umumya karena ukurannya yng besar, maka kandangnya harus seperti alam bebas.

Burung unta juga termasuk kedalam hewan omnivore yang mebuatnya menjadi bisa memakan segalanya, misalnyna saja seperti tumbuhan, sayur, kedelai, ular, kadal, ayam, serangga atau hewan lainnya.

Untuk ukuran telur dari burung yang satu ini juga cukup besar, karena panjangnya bisa mencapai 16 centimeter dengan bobot satu telurnya bisa mencapai 1.5 hingga 2 kilogram.

Burung yang satu ini juga diketahui sangat suka hidup berkelompok, mereka mencari makan dan berinteraksi dengan kawanan yang satu kelompoknya yang berjumlah 10 hingga 50 ekor.

Selain itu burung ini juga peduli satu sama lainnya, karena mereka bisa berbagi tempat untuk pengeraman terlur mereka, namun meskipun begitu mereka tidak akan tertukar antar telurnya.

Burung ini dikatakan sebagai burung yang tak bisa terbang, namun ia memiliki sayap yang ketika dibentangkan maka akan berbentuk sepanjang dua meter.

Kegunaan dari sayap tersebut untuk membantunya berlari, seperti berbelok, berhenti, atau berbalik arah.

Diketahui juga burung ini memiliki ukuran bola mata yang lebih besar ketimbang ukuran otaknya sendiri, untuk bola matanya sendiri diketahui memiliki diameter 5cm dan seringkali burung ini dikatakan sebagai burung yang bodoh.

Ia juga diketahui memiliki leher yang Panjang dengan pajangnya bisa mencapai 1 meter, leher tersebut juga berfungsi untuk memudahkan burung saat melisah musuh dan bisa mengamankan diri lebih cepat.

Paruhnya juga memiliki ukuran yang besar, lebar, namun tak bergigi, meskipun demikian patokan dari burung yang satu ini tetap sangat menyakitkan.

Nah, kira-kia itulah sedikit pembahsan mengenai burung unta yang dikenal sebagai burung paling besaar di dunia.

Semoga dengan adanya artikel ini, pengetahuan kamu bisa bertambah ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *