Fakta Penguin yang Bisa Bikin Kita Kaget!

Apa yang kamu ketahui tentang penguin selain ia adalah burung tidak bisa terbang dan hidup di tempat yang dingin? Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahui banyak mengenai hewan lucu satu ini.

Nah, kali ini kami akan menunjukkan kepada kalian ada apa saja fakta unik tentang penguin yang bisa membuat kita semakin tertarik dengan burung tidak bisa terbang ini.

Fakta Penguin

1.Bisa Mencapai Tinggi 1,2 meter

Jika kamu berpikir kalau penguin adalah hewan lucu kecil dan tidak bisa tumbuh besar, maka mungkin kamu belum pernah melihat Penguin Kaisar. Ini adalah jenis penguin yang bisa mencapai tinggi sampai 122 cm dan dengan berat antara 22-45 kg.

Hewan endemik Antartika kutub selatan ini diyakini pada masa prasejarah bisa memiliki ukuran yang lebih besar. Ini dibuktikan dengan fosil yang pernah ditemukan, di mana tingginya bisa mencapai tinggi orang dewasa.

  1. Pola Bulu Membuatnya Bisa Berkamuflase

Jika kamu perhatikan, penguin memiliki warna hitam di bagian punggungnya dan berwarna putih di bagian perut. Ternyata pola ini membantu mereka untuk berkamuflase di air, loh.

Ketika mereka berenang, bagian hitamnya akan menyatu dengan gelapnya lautan, sedangkan untuk bagian putihnya akan menyamakan dengan terangnya permukaan laut kalau dilihat dari area kedalaman.

Dengan demikian, penguin bisa menjadi terhindar dari predator yang menyiksa mereka, seperti anjing laut, singa laut, paus, juga hiu. Ini juga bisa membuat mereka lebih mudah dalam menangkap mangsa mereka.

  1. Tidak Takut Manusia

Kalau kamu berpikir penguin akan takut melihat kamu karena penguin jarang melihat manusia di Antartika, nyatanya ternyata mereka melihat kamu bukan sebagai ancaman. Jangan terkejut, karena mereka merasa di daratan tidak ada predator yang mengancam.

Predator yang mengancam mereka biasanya ada di dalam laut, jadi mereka santai melihat manusia yang di daratan, bahkan kadang ada yang penasaran.

  1. Semakin Gembul Semakin Laku!

Penguin adalah hewan unik yang di mana yang mengerami telur bukanlah si betina, melainkan pihak jantan. Oleh karena itu para betina lebih menyukai pejantan dengan tubuh lebih berisi, karena semakin gembul, semakin banyak cadangan lemak di dalam tubuhnya.

Betina akan pergi selama berminggi-minggu untuk mencari makanan, jadi para pejantan harus tahan tidak makan dan memanfaatkan cadangan makanan berupa lemak yang ada di tubuh mereka.

  1. Bisa Minum Air Laut

Saat penguin haus, biasanya mereka akan meminum lelehan air es yang membentuk kolam atau pun dari aliran air. Namun, mereka menghabiskan sekitar 70-80% hidupnya di dalam air, sehingga mereka menyesuaikan diri dengan meminum air laut juga.

Kelenjar supraorbital yang ada pada bagian atas mata mereka akan menghilangkan kelebihan garam yang ada pada tubuh, setelah itu garam tersebut akan dikeluarkan melalui saluran hidung dan paruh dengan cara bersin.

  1. Gemar Bergerombol Untuk Menghangatkan Tubuh

Terakhir yang akan kami bahas adalah kebiasaan penguin yang gemar bergerombol. Ternyata kebiasaan ini mereka lakukan untuk saling menghangatkan diri pada minus yang mencapai minus derajat celcius. Jika gerombolan penguin yang ada di dalam sudah merasa cukup hangat, biasanya ia akan ke bagian luar dan bergantian dengan penguin yang ada di bagian luar.

Cara ini pun membuat penguin menjadi memiliki tingkat interaksi dengan sesamanya, bahkan lucunya, tak jarang para penguin terlibat konflik dan ada yang melerai.

 

Itulah beberapa fakta mengenai penguin yang mungkin tidak kamu ketahui, jadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *