Jenis Burung Cendrawasih Cantik Yang Harus Kamu Tahu

Selain dianugerahi dengan keanekaragaman hayati, Indonesia juga menjadi negara dengan hutan hujan terbesar ketiga di dunia.

Hutan hujan yang begitu luas itu menjadi rumah idaman bagi sekitar 1539 jenis burung. Salah satunya adalah burung Cendrawasih yang dijuluki sebagai “Bird of Paradise” atau burung surga.

Jenis Burung Cendrawasih

Family burung ini memiliki anggota sebanyak 43 spesies. Kurang lebih ada 30 spesies yang ada di Indonesia. Sisanya tersebar di hutan hujan Papua Nugini dan Australia Timur Laut.

Mayoritas spesies memiliki perbedaan yang jelas antara betina dan jantan. Selama musim kawin, penampilan burung jantan terlihat lebih indah.

Mereka memang ingin menarik para betina. Nah, untuk kalian yang penasaran dengan jenis-jenis dari burung cantik ini, yuk simak di bawah.

1.Lesser Bird of Paradise/ Cendrawasih Kuning Kecil

Burung satu ini memiliki ukuran yang sedang dengan panjang sekitar 32 cm. warna tubuh bagian depannya merah kecoklatan sementara bagian belakangnya kuning kecoklatan.

Burung betina memiliki kepala cokelat dan bulu putih di dadanya. Sementara yang jantan memiliki bulu hijau di area tenggorokannya.

Ada pula sepasang ekor panjang berwarna putih dan kuning. Burung ini suka memakan serangga dan buah-buahan.

2.Cendrawasih raggiana/ Raggiana Bird of Paradise/ Count Raggi’s Bird of Paradise

Burung asli Pulau Iriang Tenggara ini memiliki ukuran sedikit lebih panjang dari si Kuning kecil, yaitu 34 cm. Burung ini berbulu merah coklat keabu-abuan. Kakunya coklat keabuan dan memiliki mata berwarna kuning.

Postur tubuh betina lebih kecil dan berwarna coklat. Sementara burung jantan memiliki mahkota kuning dan bulu hijau di area tenggorokannya.

3.Astrapia Ekor-Pita/ Ribbon-tailed Astrapia

Burung ini memiliki ekor berukuran 3x lebih membentang dari panjang tubuhnya, yang kurang-lebih 32 cm. Itu artinya, ekor burung ini bisa mencapai 1 meter.

Tak heran kalau ekornya dinobatkan sebagai yang terpanjang. Bulu burung betina berwarna cokelat, kalau yang jantannya hitam-hijau. Sayangnya, burung ini sudah masuk daftar hewan langka di Indonesia.

4.Cenderawasih biru/ Blue Bird of Paradise

Jika sudah dewasa, burung asli Papua New Guinea ini bisa tumbuh hingga 31 cm. umumnya mereka memiliki tubuh berwarna hitam, kaki cokelat, dan mata cokelat gelap. Burung jantannya memiliki sayap biru, sehingga mereka sering dijuluki sebagai Blue Bird.

5.Burung Cenderawasih merah/ Red Bird of Paradise

Burung yang berasal dari Raja Ampat (Papua) ini memiliki panjang 33 cm. burung betina lebih kecil dari yang jantan dan bulunya berwarna merah dengan paruh kuning.

Di atas kedua matanya ada bulu berwarna hijau tua sedangkan di belakangnya terdapat sepasang ekor panjang yang sangat khas. Mereka biasa memangsa Artropoda dan buah-buahan.

6.Cenderawasih panji/ King of Saxony Bird of Paradise

Jika cendrawasih lain berukuran 30 sentimeteran, maka panjang burung ini hanya 22 cm. Namun ia memiliki bulu panjang khusus berukuran 41 cm yang sukses menggaet betina.

Tubuhnya berwarna hitam. Kakinya abu. Matanya kuning. Burung betina cenderung lebih mungil, sekitar 19 sentimeteran. Mereka biasa ditemukan di sekitar pegunungan Jayawijaya.

7.Burung Cendrawasih botak/ Wilson’s Bird of Paradise

Cendrawasih endemik Indonesia ini juga cenderung mungil, hanya memiliki panjang sekitar 21 cm. Burung betina lebih kecil lagi.

Yang jantan memiliki tubuh warna hitam, sedangkan lehernya berwarna merah garis kuning. Kakinya biru, paruhnya hijau, dan sepasang ekornya ungu. Seperti cendrawasih pada umumnya, mereka pun mengonsumsi serangga dan buah-buahan.

Itulah 7 jenis burung cendrawasih dari beberapa jenis yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *