Jenis Burung Kecil Lucu Yang Ada Di Indonesia

Memelihara burung menjadi salah satu hobby sebagian orang. Apalagi dengan banyaknya populasi burung yang ada di Indonesia.

Kekayaan ini membuat masyarakat Indonesia jadi lebih mudah memilih jenis burung yang akan mereka pelihara.

nah, buat kalian yang juga merupakan salah satu pecinta burung, dibawah inikami berikan rekomendasi burung kecil yang bisa kalian jadikan sebagai peliharaan.

Jenis Burung Kecil Cocok Untuk Dipelihara

Beberapa satwa lucu ini sangat cocok untuk kalian yang suka dengan burung apalagi suka memelihara burung.

1.Burung Kenari

Burung kenari sebenarnya bukan burung yang berasal dari Indonesia. Burung ini pertama ikali ditemukan oleh seorang pelaut Prancis karena ketertarikan dengan merdu suaranya serta bulunya yang warna-warni.

Karena itulah, burung ini kemudian di budidayakan. Kenari yang ada di Indonesia merupakan hasil perkawinan dari  kenari-kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis.

Kenari ini memiliki banyak peminat mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Mungkin karena perawatannya yang gak terlalu merepotkan.

2.Burung Gelatik

Burung gelatik merupakan burung khas Indonesia, lebih tepatnya berasal dari Pulau Jawa. Burung ini berbentuk kecil lincah dan corak warnanya mengkilau.

Banyak orang yang berambisi memilikinya  dengan cara apapun. Karena itu, habitatnya mulai punah perlahan-lahan.

Burung ini juga suka berterbangan berlompat dari ranting-ranting pohon yang ada di depan rumah. Selain itu, burung ini memakan biji-bijian dan serangga kecil.

3.Burung Pipit

Burung pipit ini hidup dalam kelompok-kelompok dan biasanya berhenti di satu tempat untuk mencari makan.

Makanannya biji-bijian terutama padi. Burung ini juga di cap sebagai wereng bagi petani padi karena ia datang ke sawah-sawah petani saat padi sudah mulai menguning.

Umumnya mereka hinggap di satu sawah dalam sehari dan membuat panen berkurang berkilo-kilo. Apalagi kalau mereka bertahan selama berhari-hari, bisa dipastikan akan gagal panen.

4.Burung Pleci

Burung Pleci memiliki badan yang kecil. Namun, mereka memiliki suara yang bagus. Burung ini juga cukup laku di pasaran terutama komunitas pleci mania.

Untuk mendapatkan burung ini, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan yaitu perawatan terutama makanannya.

Untuk mendapatkan suara yang bagus, cukup jemur setiap harinya dan beri makan kacang hijau, gula merah, dan telur.

5.Burung Kutilang

Burungv kutilang memiliki beberapa nama khususnya sebutan atau julukan umum bagi masyarakat Indonesia.

Seperti misalnya di masyarakat Jawa, burung ini dinamai dengan burung genthilang dan dalam bahasa Inggris dinamai Sooty-headed Bulbul.

Dalam pemeliharaannya, burung ini tergolong sebagai burung yang mudah dengan kicauan yang cukup bervariasi.

Ia juga bisa menirukan beberapa  suara burung lainnya, burung ini juga dijual murah di pasaram sehingga kalian bisa dengan mudah membelinya.

6.Burung Lovebird

Burung love atau burung cinta memiliki warna bentuk tubuh yang unyu dan hidupnya selalu berpasang-pasangan.

Burung ini memiliki umur yang cukup awet, yaitu 10-15 tahun masih bisa hidup. Jenisnya juga bermacam-macam dan berasal dari negara yang berbeda-beda.

Ada yang dari Afrika, ada juga yang dari Madagaskar. Burung ini cukup tenar ditandai dengan banyaknya orag yang memelihara dirumah-rumah bahkan banyak yang membudidayakannya. Burung ini juga cepat jinak.

Itulah 6 jenis burung kecil yang mungkin bisa kalian jadikan peliharaan. Merawat burung juga tidak se sulit memelihara anjing atau kucing loh.

Jadi, kalian sudah tertarik untuk memelihara burung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *