Jenis Burung Kecil Yang Bisa Kalian Jadikan Peliharaan

Ada banyak sekali jenis burung yang hidup di dunia berdampingan dengan manusia. Mereka memiliki suara yang bagus dan gacor sehingga sangat cocok untuk kalian jadikan sebagai burung peliharaan.

Berbicara mengenai burung peliharaan, ada banyak sekali jenis yang bisa kalian temukan di sekitar tempat tinggal kalian.

Untuk membedakan jenis – jenis burung peliharaan salah satunya dilihat dari ukurannya. Misalnya saja jensi – jenis burung kecil yang banyak dipelihara karena rajin berkicau dan memiliki penampilan yang bagus.

Keuntungan lain yang bisa kalian dapatkan saat memelihara jenis burung ini adalah cara perawatannya yang mudah dan tidak makan banyak biaya.

Hal ini dikarenakan jumlah pakannya cenderung lebih sedikit dan juga ukuran kandangnya yang tak terlalu besar sehingga tidak menguras banyak uang serta ruangan di dalam rumah.

Walaupun ukurannya kecil, namun kualitas suara dan penampilan burung – burung ini juga bagus loh, karena mereka rajin berkicau sehingga tak jarang diikutsrtakan ke dalam kontes.

 

1.Burung Kenari

Burung Kenari

Siapa sih yang tak kenal burung kenari? Jenis burung kecil ini banyak dipelihara di rumah karena coraknya yang beragam serta harganya yang relative terjangkau.

Burung kenari atau Serinus canaria awalanya merupakan hewan endemic Kepulauan Canary, Spanyol. Namun burung kecil ini menyebar hampir ke seluruh dunia yang dibawa oleh para penjajah sebagai hewan peliharaan. Termasuk saat bangsa Belanda datang ke Indonesia.

Secara fisik burung kenari memiliki ukuran tubuh berkisar antara 10-12 cm dari ujung paruh hingga ekor dengan bobot hanya sekitar 15 gram saja.

 

2.Burung Pleci

Burung Pleci

Burung Pleci yang termasuk ke dalam family Zosteropidae menyebar di berbagai kawasan seperti Asia, Afrika, dan Austraia.

Burung pleci juga biasa disebut sebagai burung kacamata dikarenakan corak putih melingkar di sekitar area mata yang mirip seperti sedang memakai kacamata, lho.

Walaupun memiliki ukuran badan kecil berkisar 15 cm, burung pleci dikenal gacor dan memiliki suara dengan karakteristik yang lantang.

Ada sejumlah jenis burung pleci yang umum dipelihara di Indonesia, seperti burung pleci dada kuning, burung pleci papua, dan burung pleci bustomi.

 

3.Burung Parkit

Burung Parkit

Jenis burung peliharaan lain yang juga memiliki tubuh berukuran kecil adalah burung parkit (Melopsittacus undulatus) atau yang juga dikenal dengan sebutan budgie.

Karakteristik burung parkit memiliki panjang tubuh sekitar 18 cm dan bobot 30-40 gram. Burung pemakan biji-bijian ini hidup di kawasan kering Australia, sebelum akhirnya masuk ke Indonesia.

Burung parkit termasuk ke dalam jenis burung paling pintar di dunia, dikarenakan keluarga burung beo ini ternyata memiliki kemampuan otak yang cukup cerdas, lho.

Selain itu juga burung parkit dikenal juga dapat menirukan suara pemilik atau hewan di sekitarnya. Biaya perawatannya pun cukup mudah dan murah untuk para pemula.

 

4.Burung Kacer

Burung Kacer

Burung kacer (Copsychus saularis) merupakan salah satu jenis burung yang rajin bunyi dan dikenal sangat mudah dilatih, sehingga Sobat Pintar dapat memeliharanya dengan mudah.

Secara umum, burung kacer memiliki corak bulu perpaduan hitam-putih. Burung kacer menyebar dari kawasan India hingga Asia Tenggara.

Untuk ukuran tubuhnya, burung kacer memiliki panjang tubuh hingga 19 cm. Hal ini pun sudah termasuk bagian ekor burung kacer yang relatif cukup panjang.

Harga burung kacer tergolong relatif murah hingga mahal, tergantung dari umur, kondisi, suara, dan prestasinya dalam lomba kontes burung kicau, lho.

 

Itulah berbagai jenis burung kecil yang bisa kalian jadikan peliharaan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *