Daftar Jenis Burung Purba Di Dunia

Daftar Jenis Burung Purba Di Dunia

Daftar Jenis Burung Purba Di Dunia – Burung adalah salah satu hewan yang tergolong dalam kelas Aves, yang telah tidak asing bagi manusia modern dan gampang untuk ditemui.

Berbagai Jenis burung malah dipelihara oleh manusia dan beberapa burung juga dikonsumsi oleh manusia. Tapi tahukah Kalian jikalau pada zaman prasejarah terdapat burung raksasa yang melebihi ukuran manusia modern? Di samping itu hewan burung tersebut masih dalam golongan karnivora ganas.

Bagi Kalian yang penasaran dengan berbagai Jenis burung raksasa, ada bagusnya simak beberapa burung prasejarah berikut ini. Pastinya amat menakjubkan dan gak bakalan kebayang jikalau burung purba tersebut hidup hingga sekarang ini.

Daftar Jenis Burung Purba Di Dunia

1. Titanis

Titanis menjadi salah satu burung yang cukup ditakuti pada masa Pliosen hingga Pleistosen, atau sekitar 3.1 juta tahun yang lalu dan menerima julukan sebagai Terror Bird. Burung bernama latin Titanis walleri ini memiliki habitat di Amerika Utara, dengan tinggi badan 2,5 meter dan berat sekitar 150 kg. Fosil hewan ini ditemukan pada tiga tempat di Florida dan satu di Texas, yang juga memiliki persamaan dengan beberapa burung sejenis di Amerika Selatan.

2. Phorusracos

Phorusracos adalah salah satu burung raksasa yang berhabitat di Patagonia, Argentina pada era Permulaan hingga Pertangahan Miosen. Binatang bernama latin Phorusracos longissimus yang memiliki arti amat panjang ini memiliki tinggi 2,5 meter dan berat badan 130 kg. Fosil burung ini ditemukan pada tahun 1887, oleh Fiorentino Ameghino, yang ditemukan pada tempat yang ada di ujung selatan, adalah Provinsi Santa Cruz, Argentina.

3. Andalgalornis

Andalgalornis adalah burung predator raksasa yang hidup pada masa Miosen Akhir, atau sekiitar 23 juta tahun yang lalu. Kerangka dari burung yang masih satu keluarga dengan Phorusracos ini ditemukan di Provinsi Entre Rios dan Catamarca, sebelah Barat Laut Argentina. Burung ini memiliki tinggi 1,5 meter dan hampir sama dengan rata-rata ukuran manusia dewasa, serta umumnya memangsa mamalia kecil pada era hal yang demikian.

4. Gastornis

Gastornis menjadi burung predator yang memiliki habitat di Eropa Tengah pada Zaman Akhir Paleosen hingga Eosen, yang berkisar antara 30 juta tahun lalu. Burung bernama latin Gastornis gigantea umumnya memangsa mamalia kecil yang hidup pada masa itu. Tinggi yang mencapai 2 meter membuat burung ini menjadi pemangsa utama di pada masa hal yang demikian.

5. Kelenken

Kelenken menjadi burung yang tidak terbang terbesar, dari keluarga Phorusrhacidae yang pernah ada, dengan panjang tengkorak yang telah ditemukan sepanjang 71,6 cm. Fosil dari hewan bernama latin Kelenken Guillermoi, ini ditemukan pada tahun 1999 oleh seorang anak sekolah pada tahun hal yang demikian bernama Guillermo Aguirre Zabala.

Tempat ditemukannya fosil hal yang demikian tidak jauh dari stasiun kereta api Comallo, Provinsi Rio Negro. Burung ini diperkirakan hidup pada masa Miosen, berkisar 15 juta tahun yang lalu.

Nah itulah berbagai burung-burung purba yang merupakan pemangsa berukuran raksasa yang pernah hidup di masa prasejarah dulu. Selain itu kalian juga harus tahu nih berbagai Jenis Burung Elang Terbesar Di Dunia wajib di lihat di Artikel sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *