Jenis-jenis Burung Lovebird

Jenis-jenis Burung Lovebird

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung beo atau juga bisa burung nuri yang masih tergolong dalam genus Agapornis. Agapornis sendiri merupakan Bahasa Yunani yaitu Agape yang bearti Cinta dan Ornis

Burung ini dinamakan lovebird dikarenakan tingkah laku mereka yang berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Burung lovebird ini rata-rata dapat ditemui di benua Afrika dan sejauh ini sudah ada 9 jenis yang ditemukan, dan sisanya dibantu dengan perkawinan silang atau juga rekayasa genetic.

Hewan ini cukup diminati di Indonesia dikarenakan kicauannya yang terkenal, selain itu hewan ini juga memiliki warna tubuh yang cerah, uniknya jika kamu memiliki dua burung yang berbeda warna kamu bisa mengawinkan kedua burung tersebut dan nantinya muncul warna baru.

Dibawah ini akan kami berikan beberapa jenis burung Lovebird yang mungkin bisa menjadi referensi kamu ketika ingin memelihara burung yang satu ini

1.Lovebird Pipi Hitam

Burung ini merupakan jenis hewan yang masuk kedalam monotypic yang dimana tak jarang ia dianggap sebagai dari ras Nyasa.

Memiliki Panjang kurang lebih kira-kira 14 hingga 16cm, burung ini dapat ditemukan di Zambia barat daya, dan kebanyakan bulunya berwarna hijau terang, selain itu burung ini juga memiliki kepala belakang dan leher yang lebih kewarna coklat, dan warna bagian depannya memiliki warna coklat kemerahan.

2.Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem

Hewan yang satu ini merupakan salah satu ras asli dari daerah gurun yang bernama Namib, salah satu gurun yang terletak di barat daya Afrika.

Burung ini memiliki Panjang sekitar 16 – 19 cm dengan Panjang sayap yang cukup untuk ukuran tubuh seperti mereka yaitu 106mm dan memiliki ekor dengan ukuran 44 – 55mm.

Lovebird Muka Salem dikenal memiliki warna bulu yang dominan berwarna hijau dengan warna punggung dan pantat bewarna biru, selain itu ia juga memiliki warna paruh gading.

3.Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar

Sesuai dengan namanya, burung ini berasal asli dari Madagaskar, dengan warna kepala abu-abu dan burung yang satu ini merupakan ras yang paling kecil diantara jenis lainnya dikarenakan beratnya hanya 30 – 38 gram saja, dengan Panjang 13cm.

Burung ini memiliki warna bulu yang dominan hijau dengan kaki dan warna paruh bewarna abu-abu, dan ketika menginjak umur dewasa, punggung dan sayap burung ini akan berubah warna menjadi hijau tua. Untuk kepala dan dada burung jantan akan bewarna abu-abu pucat pada umumnya.

4.Lovebird Lutino

Lovebird Lutino

Lovebird Lutino merupakan salah satu jenis burung lovebird yang sering kali dikatakan mirip dengan lovebird pastel, untuk kamu yang ingin memelihara burung yang satu ini, kamu harus merongok kocek cukup banyak karena burung yang satu ini harganya tergolong mahal.

Burung ini merupakan hasil mutase genetic atau perkawinan silang dengan salah satu jenis burung lovebird lainnya yaitu muka salem.

Untuk hewan yang satu ini tidak jauh beda dengan lovebird pada umumnya untuk ukuran fisiknya dengan Panjang tubuh mencapai 16 sampai 18cm dengan tampilan yang sangat cantik, ia memiliki tubuh bewarna kuning dengan wajah bewarna merah cerah kearah oranye kemerahan.

Beberapa hewan ini memilki jenis variasi warna hitam dan warna merah pada bagian matanya.

Nah, kira-kira itulah beberapa jenis burung lovebird yang dapat kamu pelihara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *