Mengapa Burung Beo Bisa Bernyanyi dan Menirukan Suara Manusia

Mengapa Burung Beo Bisa Bernyanyi dan Menirukan Suara Manusia?

Mengapa Burung Beo Bisa Bernyanyi dan Menirukan Suara Manusia

Siapa di antara kalian yang tidak mengenali burung ini? Ya, burung beo. Burung beo termasuk salah satu burung yang paling pintar dalam hal menirukan suara apapun yang ada di dunia ini. Mengapa Burung Beo bisa bernyanyi dan menirukan sura manusia? Simak penjelasan pada artikel berikut ini.

Burung beo merupakan salah satu jenis dari sekian banyak binatang yang pintar di dunia. Sebab, burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan suara apapun dengan sangat baik dan indah, termasuk suara manusia.

Bahkan, bukan hanya meniru kata-kata dan suara, burung beo pun bisa melakukan dalam bentuk suara seseorang. Pada umumnya, burung beo menghasilkan suara-suara apapun termasuk suara manusia.

Perlu kita ketahui, burung yang menghasilkan suara dengan organ biasanya disebut dengan syrinx yang terletak tepat berada di atas paru-paru tempat untuk mereka melakukan pernapasan.

Menurut sumber terpercaya, para peneliti mengungkapkan bahwa ada seperangkat otot rumit yang mengelilingi syrinx pada burung beo. Otot-otot burung beo bisa memberikan kendali lebih besar atas suara-suara yang dihasilkan jika dibandingkan dengan burung-burung penyanyi lainnya.

Selain itu juga, burung beo ini memiliki kemampuan unik dengan menggunakan lidah mereka, membuka dan menutup paruh mulutnya agar bisa mengontrol kemampuan suara yang akan dihasilkan. Hal ini dilakukan layaknya seperti manusiayang menggunakan organ lidah dan mulut untuk bisa berbicara.

“Untuk mengatur suara yang membutuhkan penggunaan bibir atau gigi, seperti ‘buh’, ‘puh’, atau ‘la’, burung-burung harus memiliki beberapa solusi,” kata peneliti bruung beo tersebut.

“Burung beo menggunakan kerongkongan mereka untuk mengucap ‘Ps’ dan ‘B’. Mereka mungkin menekan lidah ke paruh daripada gigi untuk membuat suara ‘L’,” sambungnya.

Kemampuan Kognitif Burung Beo

Kemampuan beradaptasi lain yang mendukung burung beo bisa menirukan berbagai jenis suara ialah kemampuan kognitifnya. Sebuah studi yang pernah dipublikasikan dalam jurnal terkait yang terpercaya. Mengungkapkan bahwa burung beo memiliki inti atau kumpulan materi abu-abu di otak mereka.

kumpulan-kumpulan hal dan materi tersebutlah yang bisa bertanggung jawab pada vokalisasi burung beo maupun burung-burung penyanyi lainnya. Namun, burung beo mempunyai tambahan inti luar yang berupa kulit luar. Jaringan inilah yang memungkinkan burung beo bisa memainkan peran dalam hal mengolah kemampuan vokalnya dan juga kemampuan mimikrinya yang sangat luar biasa.

Baca Lain↓↓↓

4 Jenis Elang Yang Ada Di Pulau Jawa

Ada juga studi yang menuliskan bahwa burung beo yang terdapat di alam liar bisa menggunakan kemampuan vokal mereka untuk menarik pasangannyadan juga menemukan serta mengidentifikasikan kawan-kawanannya.

“Mampu mempelajari suara baru sepanjang hidup mungkin membantu burung beo terikat dengan pasangan baru jika pasangan lamanya meninggal,” jelas dia. “Kemampuan belajar ini juga dapat membantu burung beo menyesuaikan diri dengan kawanan baru jika perlu,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *