Mitos Burung Perkutut

Mitos Burung Perkutut

Mitos Burung Perkutut – Dalam budaya Jawa kuno, Burung Perkutut termasuk salah satu burung dengan peringkat tertinggi. Hal tersebut yang membuta banyak sekali masyarakat yang berminat memeliharamya. Umumnya masyarakat Jawa Kuno percaya bahwa seseorang tidak bisa disebut sebagai lelaki sesungguhnya jika belum memiliki “Burung Perkutut”.

Mitos Burung Perkutut

Pada artikel kali ini kami akan mencoba mitos ataupun pertanda apa saja yang sering menyebutkan tentang Burung Perkutut jika dipelihara.

Hewan Setia

Banyak sekali orang yang menafsirkan bahwa hanya Anjing lah termasuk hewan yang setia terhadap pemiliknya. Akan tetapi sesuai orang jawa kuno Burung Perkutut termasuk salah satu hewan yang setia serta akan kembali balik ke sangkarnya walaupun dia sudah terlepas. Pada umumnya mereke membuka sangkar Burung Perkutut, supaya dia bisa kembali masuk. Hal ini pastinya tidak sama dengan burung lain yang akan hilang, serta terbang kemana saja jika sudah terlepas.

Hewan Gaib

Bagaimana pasti masing banyak dari Anda semua bertanya tanya bagaimana Burung Perkutut ini di sebut hewan istimewa bagi Orang Jawa Kuno. Mari kita simak lebih lanjut, Pada Zaman Majapahit, burung Perkutut merupakan hewan Istimewa yang hanya dimiliki oleh Raja sera Ningratnya, dengan salah satu Prabu Brawijaya.

Istimewanya lagi bahwa perkutut milik Prabu Brawijaya ini merupakan jelmaan Panrgeran dari Padjajaran bernama Joko Mangu. Beliau sebelumnya dikutuk dikarenakan ada niat jahat pada dirinya, lalu berhasil kabur dan kemudian ditemukan Prabu Brawijaya. Dengan adanya cerita tersebut, maka munculnya kepercayaan kuno banwa Perkutut dapat memberikan tuah jika dipelihara oleh Orang yang tepat.

Hewan Pembawa Keberuntungan

Burung Perkutut ini bukan hanya sebatas hewan peliharaan saja, burung ini dapat memberikan keberuntungan bagi Pemiliknya. Hal tersebut dinamakan tuah dimana dapat memberikan Pemiliknya tenang serta senang. Sampai  saat ini masih banyak juga yang percaya tentang informasi ini bagi masyarakat Jawa Kuno.

Hewan Pembawa Bencana

Selain mendatangkan keberuntungan, hewan ini bisa juga memberikan bencana ataupun nasib kurang baik bagi pemiliknya. Hal tersebut dapat dilihat dari ciri ciri bulu yang cacat, sering berkicau tak seperti biasa pada malam hari. Sebagai informasi juka burung ini berkicau pada malam hari, dipercaya akan memberikan nasib buruk ke pemiliknya. Jalan terbaiknya adalah burung tersebut harus segera dibuang oleh pemiliknya.

Hewan Media Persugihan

Untuk masyarakat atau orang jaman kuno yang mempelajari tentang dunia mistis, maka burung perkutut ini bisa dijadikan sebagai media persugihan. Burung perkutut yang sering dijadikan jenis persugihan adalah jenis Kutut Manggung atau Perkutut Bernyanyi yang bisa memberikan rezeki dan mempermulus karier, mendapatkan jabatan serta mendapatkan kekayaan secara gaib.

Baca Juga: Burung Cipoh Sirtu, Burung Unik Dengan Suara Menarik

Demikianlah artikel ini kami buat tentang “Burung Perkutut”, semoga dapat memberikan informasi tentang mitos Burung Perkutut yang selama ini dibicarakan oleh masyarakat luas. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *