Panduan Lengkap Merawat Anak Burung Yang Baru Menetas

Panduan Lengkap Merawat Anak Burung Yang Baru Menetas

Panduan Lengkap Merawat Anak Burung Yang Baru Menetas – Burung memang seakan peliharaan yang biasa dimiliki oleh berbagai orang di Indonesia saat ini, mulai dari Burung Love Bird, Perkutut, Kenari, Beo, Kakatua, Murai Batu, dan lain sebagainya.

Memang ada banyak orang yang memelihara Burung dari sekedar hobi hingga yang untuk dijual kembali, Terkadang banyak nih yang memelihara Burung secara berpasang-pasangan agar bisa berkembang biak tentunya.

Saat hewan peliharaan burung yang kamu miliki bertelur dan hingga menetas, Terkadang juga banyak orang yang bingung bagaimana caranya merawat anakan burung yang baru menetas. Nah dari pada bingung maka kamu harus simak Tips dan Cara Merawat Anak Burung yag baru menetas seperti berikut ini.

Panduan Lengkap Merawat Anak Burung Yang Baru Menetas

Tips Merawat Anak Burung

Tips Merawat Anak Burung

Pada saat Burung peliharaan mu baru menetas, maka langkah yang harus kamu lakukan diantaranya adalah:

1. Jangan memisahkan burung peliharaan mu dari Induknya, karena kamu harus mengunggu sekitar 1 hingga 2 bulan agar bisa cukup besar agar bisa dipisahkan.

2. Buatkan tempat ataupun sarang yang cukup besar dan hangat untuk anak burung tersebut, kalian bisa buat sarang dengan menggunakan kayu, batok kelapa utuh, dan bahkan dengan dus bekas.

3. Alasi tempat ataupun sarang yang kamu buat dengan menggunakan kain kering ataupun daun-daunan yang sudah kering. Pastikan juga kalau tempat yang kamu buat diberikan daun ataupun kain kering secukupnya, agar udara bisa masuk ke dalam tempatnya.

4. Selalu bersihkan tempat ataupun sarang anak burung mu, karena pada saat burung masih Nestling sangat rentan oleh penyakit. Jadi sesering mungkin membersihkan sarang tersebut, dan ganti juga dedaunan hingga kain yang kamu jadikan alas dalam sarang burung tersebut.

5. Jika anak burung yang kamu pelihara tidak bersama induknya, maka kamu harus menyiapkan lampu neon yang berdaya 15 watt yang digantung dekat anak burung yang berjarak 20 hingga 30 cm dari tubuh anak burung tersebut.

Cara Memberikan Makan Anak Burung

Cara Memberikan Makan Anak Burung

Jika anak burung yang baru kamu pelihara tanpa induknya, maka kamu lah yang harus memberikan makan kepada anak burung tersebut. Nah kamu bisa simak langkah-langkah berikut:

1. Jika anak burung yang matanya masih belum terbuka, biasanya anak burung selalu mencari paruh induknya untuk makan. Nah kamu bisa memberikan makanan 3 atau 4 butir pelet yang dihancurkan dan dicampurkan air hangat, kamu bisa menggunakan pipet saat memberikan makan. Berilah makan anak burung tersebut 2 sampai 3 kali dalam sehari pada jam yang sama.

2. Selalu membuat makanan adonan pelet burung yang baru, karena jika menggunakan adonan pelet yang lama bisa saja sudah basi dan menyebabkan anak burung mengalami diare ataupun sakit.

3. Dalam menggunakan pipet caranya hanya perlu buka paruh anak burung dan tempelkan pipet dari arah samping kanan atau kiri dari paruh. Tekan lah pipet sepelan mungkin dan berikan makanannya secukupnya saja, agar burung tidak tersedak baik sedang diberi makan ataupun minum.

4. Saat memberikan makan burung selalu menggunakan sarung tangan plastik ataupun karet agar anak burung selalu bersih.

5. Setelah burung diberi makan dan minum, maka kamu harus bersihkan burung dengan kain basah dan kain kering, lalu taruh kembali ke sarang atau tempat yang sebelumnya telah dibersihkan.

Nah itulah Panduan Lengkap Merawat Anak Burung Yang Baru Menetas, Selain itu kamu juga bisa ketahui Cara Melatih Burung Bertengger di atas jari yang sudah kami bahas sebelumnya. Jadi semoga artikel ini dapat membantu mu dalam merawat anak burung yang kamu pelihara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *