Tips Agar Burung Tidak Terserang Penyakit

Tips Agar Burung Tidak Terserang Penyakit

Di dunia ini penyakit dapat menyerang siapa saja, baik itu manusia ataupun hewan. Biasanya penyakit ini dikarenakan kekebalan tubuh yang lemah sehingga terjadinya celah untuk virus atau bakteri tersebut masuk.

Burung sendiri terdapat cukup banyak penyakit yang dapat menyerangnya, seperti snot, pilek, burung suara serak, sesak nafas, berak kapur, infeksi luka, lesu, dan masih banyak lagi hal yang disebabkan oleh bakteri gram positif dan bakteri gram negative.

Untuk kamu yang ingin burung kamu tumbuh secara sehat, beberapa hal ini kamu harus perhatikan, dan salah satunya adalah konsistensi.

1. Jemur Burung Pagi dan Sore Hari

Jemur Burung Pagi dan Sore Hari

Setelah melakukan proses pemgembunan, burung harus dijemur pada pagi dan sore hari, jam pagi yang dianjurkan adalah jam 7 pagi.

Tujuannya agar burung mendapatkan asupan vitamin D dari kehangatan dipagi hari dan sinar UV nantinya akan diubah dari Pro Vitamin D3 menjadi D3 oleh burung.

Selain itu sinar UV juga sangat membantu burung untuk memproduksi hormon vital, misalnya hormone pertumbuhan ataupun reproduksi.

Selain itu sinar matahari juga dapat membantu burung terbebas dari jamur dan kuman yang berada dalam sangkar mereka loh guys!

2. Bersihkan Kandangnya

Bersihkan Kandangnya

Tidak hanya burungnya yang harus kamu bersihkan, kebersihan kandangnya juga menjadi factor loh. Kamu harus rajin membersihkan kandangnya dari kotoran yang menempel,

Gunanya untuk menghindari burung dari virus yang terdapat pada sarangnya, pada dasarnya juga burung menyukai  tempat yang bersih.

3. Beri Makanan yang Berkualitas

Beri Makanan yang Berkualitas

Hal yang satu ini tidak boleh terlewatkan ya guys, pemberian makan ke burung tidak boleh asal-asalan, agar burung kesayangan kalian tumbuh dengan sehat maka factor makanan harus diperhatikan.

Dikarenakan salah satu sumber penyakit pada hampir semua makhluk hidup adalah asupan makanan yang masuk. Untuk itu kamu harus memahami fisiologi dari burung yang kamu pelihara dan jangan pernah bereksperimen dengan makanan burung apabila kamu belum paham.

Kamu harus memberikan makan yang cocok untuk burung kamu, namun kata coock disini bukan merupakan gambaran bahwa burung tersebut memakan habis semuanya, tetapi sesuai dengan metabolisme dan kebutuhan yang dibutuhkan oleh burung tersebut.

Terdapat berbagai jenis makanan burung yang bisa membantu pertumbuhan mereka, misalnya, jangkrik,kroto,ulat, cacing, pisang, dll. Dan usahakan kamu harus mengganti variasi makanan mereka setiap seminggu sekali

4.Hindari Stress

Hindari Stress

Dalam hal ini banyak hal yang dapat memicu burung menjadi stress, misalnya jika kamu menempatkan burung kamu dalam keadaan yang tidak nyaman, ataupun situasi lingkungan yang kurang mendukung.

Untuk hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi kamu, dikarenakan jika burung sudah terkena stress secara psikologis akan sangat susah untuk burung kembali menjadi normal seperti pada awalnya.

Stress psikologis yang dialami burung juga dapat menggangu semua system yang ada pada burung.

5.Obat Yang Sesuai

Obat Yang Sesuai

Jika burung kamu sudah terlanjur sakit, maka pertolongan pertama yang kamu dapat lakukan adalah memindahkan burung ke tempat yang hangat dan bebas dari angin.

Selanjutnya kamu bisa menganalisa penyakit apa yang dialami oleh burung kesayangan kamu, seperti beberapa penyakit yang sudah disebutkan diawal. Hal tersebut sangat penting karena hal tersebut akan berguna untuk menentukan obat apa yang cocok digunakan untuk burung tersebut.

Apabila kamu sedikit kebingungan, kamu bisa melakukan sedikit konsultasi terhadap orang yang lebih paham dari kamu, dan biasanya kamu juga akan mendapatkan rekomendasi obat yang cocok untuk mengatasi penyakit yang dialami burung kamu.

Pastikan pemberian dosis obat untuk burung harus sesuai dengan anjuran.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips agar burung kamu tidak jatuh sakit. Semoga artikel ini membantu kamu yang membacanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *