Tips Merawat Murai

Tips Merawat Burung Murai Pada Musim Hujan

Musim hujan adalah musuh setiap pencinta burung, karena pada musim ini burng menjadi mudah sakit dan kalau tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan kematian. Di musim hujan ini, burung harus bisa diberikan perawatan ekstra, termasuk Burung Murai.

Nah, kali ini kami akan menunjukkan bagaimana cara untuk memelihara Burung Murai pada saat musim hujan agar terhindar dari penyakit.

Merawat Burung Murai Di Musim Hujan

1.Tips Menjemur Burung Murai

Tips Merawat Burung Murai

Hal yang membuat kita bingung saat musim hujan, mungkin adalah bagaimana cara yang tepat untuk menjemur burung Murai kesayangan kita. Nah, kita tidak bisa dengan mudah menentukan kapan mau menjemur burungnya, karena sewaktu-waktu bisa saja hujan.

Cara untuk menjemur burung Murai di musim hujan adalah gunakan kesempatan saat matahari muncul. Jangan sia-siakan matahari yang langka itu.

Tapi bagaimana jika tidak muncul juga matahari selama 1-3 hari? Jika demikian, maka kamu harus memberikan asupan vitamin lebih kepada Burung Murai kesayangan kamu, tujuannya adalah untuk menstabilkan suhu tubuh burung agar tetap di suhu yang normal.

2. Cara Memandikan Burung Murai

Cara Memandikan Burung Murai

Selain dijemur, biasanya kita juga sering memandikan burung Murai kita. Namun, di musim hujan ini apakah masih perlu untuk memandikannya?

Jawabannya, Masih! Ya, ternyata meski musim hujan jangan takut untuk memandikan burung. Mungkin skala pemandiannya bisa dikurangkan dibandingkan dengan biasanya. Namun, jika memang si burung tidak mau mandi, jangan dipaksakan, ya!

Bagaimana cara memandikan burung? Caranya adalah dengan memasukkan air ke dalam kandang, lalu biarkan saja dia di dalam kandang selama 15-20 menit dan angkat kembali, biasanya burung akan dengan mandiri mandi. Jika dia memang tidak mau mandi ya tidak masalah, jangan paksakan dia untuk mandi saat sedang musim hujan.

3. Cara Pengkrodongan Burung

Cara Pengkrodongan Burung

Terakhir yang akan kami bahas adalah bagaimana cara pengkrodongan Burung Murai. Di sini kita harus bisa melihat karakter dari burung Murai yang kita miliki, apakah biasanya ia merupakan burung yang menggunakan Krodong.

Namun, kami menyarankan untuk di musim hujan ini lebih banyak dikerododong. Warna kerodong yang digunakan pun juga merupakan warna yang terang, seperti warna hijau telur asin, putih, dan warna cerah lain.

Lalu jangan juga biarkan kandang Murai kelamaan tanpa adanya Kerodong.

Apa sih kerodong itu? Kerodong merupakan sarung yang biasa digunakan untuk menutupi sangkar burung. Banyak orang yang memanfaatkan ini ketika sedang ingin membawa burung pergi jauh. Dengan menggunakan Kerodong, maka hawa dari luar kandang bisa lebih diminimalisir untuk masuk ke dalam kandang, sehingga suhu di dalam kandang bisa menjadi lebih hangat.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk kamu yang bingung bagaimana cara merawat burung Murai di saat musim hujan seperti ini. Bagi kamu yang masih baru memelihara burung Murai, maka tidak ada salahnya untuk banyak membaca tips-tips penting agar burung Murai tidak mudah sakit.

Selain 3 tips di atas, kami juga menyarankan untuk tidak telat memberikan asupan kepada burung Murai kamu. Selain asupan makanan dan minuman, pastikan juga asupan vitamin burung Murai bisa terjaga agar ia lebih kebal terhadap penyakit di musim hujan ini.

Jadi apakah kini kamu paham bagaimana memelihara burung Murai dengan lebih baik? Semoga tips yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *